11 April 2022, 16:00 WIB

Bertemu Menlu Kanada, Menlu RI Bahas Ukraina Hingga Presidensi G20


Nur Aivanni | Internasional

Antara
 Antara
Menlu RI Retno Marsudi bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR.

MENTERI Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Kanada Melanie Joly di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu membahas isu regional dan internasional, termasuk konflik Rusia-Ukraina dan Presidensi G20.

"Yang pasti, kami memiliki keprihatinan yang sama tentang situasi di Ukraina. Kami memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya menjunjung tinggi prinsip menghormati integritas dan kedaulatan wilayah," ujar Retno dalam konferensi pers secara virtual, Senin (11/4).

Baca juga: Ukraina Bersiap untuk Menangkal Serangan Baru Militer Rusia

Retno menggarisbawahi bahwa sejumlah prinsip harus dijunjung tinggi secara konsisten oleh semua negara. "Saya juga menggarisbawahi seruan Indonesia untuk menghentikan perang sekarang. Ketegangan harus dikurangi dan negosiasi harus diintensifkan," imbuhnya.

Menurutnya, masing-masing negara harus menggunakan pengaruhnya untuk menghentikan perang. Pasalnya, perang hanya membawa penderitaan bagi rakyat.

Baca juga: Forum G20 Harus Menjawab Tantangan Malnutrisi Global

Terkait G20, Retno menekankan betapa pentingnya G20 bagi masyarakat dunia. "Orang-orang sedang menunggu hasil nyata dari G20. Kita tidak boleh kehilangan tanggung jawab jangka panjang G20 sebagai diskusi ekonomi utama dan sebagai katalis pemulihan ekonomi," jelas Retno.

Lebih lanjut, Indonesia akan terus menjalin komunikasi dan konsultasi dengan seluruh anggota G20. "Indonesia sangat mengapresiasi dukungan Kanada terhadap Presidensi (G20) Indonesia," tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT