05 April 2022, 14:05 WIB

Kanada Tuduh Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Bucha


Nur Aivanni | Internasional

AFP
 AFP
Foto satelit wilayah yang rusak di Bucha

MENTERI Luar Negeri Kanada Melanie Joly menuduh Rusia melakukan "kejahatan perang" setelah mayat ditemukan berserakan di jalan-jalan Bucha, di luar Kyiv, dan memperingatkan akan adanya sanksi baru.

"Apa yang terjadi selama akhir pekan benar-benar mengerikan, tidak dapat dibenarkan dan mengejutkan," kata Melanie Joly pada konferensi pers saat dalam perjalanan ke Finlandia.

"Ini jelas kejahatan perang. Ini jelas kejahatan terhadap kemanusiaan," imbuhnya.

Dalam cuitan di Twitter berikutnya, Joly secara eksplisit membidik kekejaman yang dilakukan oleh pasukan Rusia terhadap warga sipil tak berdosa di Bucha, ketika Kanada bergabung dengan sekutu Barat dalam menyerukan mereka yang bertanggung jawab untuk dibawa ke pengadilan oleh Pengadilan Kriminal Internasional.

Baca juga: Foto Satelit Bucha Mentahkan Bantahan Rusia

Pada Senin (4/4) sore, parlemen Kanada mengadopsi mosi yang mengutuk kejahatan Rusia terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang yang dilakukan di Ukraina.

Joly mengatakan Kanada akan segera mengumumkan lebih banyak sanksi, sambil mendesak G7 untuk berbuat lebih banyak.

Sebuah pernyataan pemerintah Kanada mengatakan tindakan itu akan menargetkan sembilan warga Rusia dan sembilan warga Belarus yang dikenal sebagai "rekan dekat" pemerintah di negara mereka.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT