03 April 2022, 13:40 WIB

Korut Kecam Menhan Korsel Soal Serangan Rudal ke Pyongyang   


Nur Aivanni | Internasional

Korea Summit Press Pool / Korea Summit Press Pool / AFP
 Korea Summit Press Pool / Korea Summit Press Pool / AFP
Pemimpin Korea Utara Kom Jong Un (kiri) bersama saudara perempuannya, Kim Yo Jong. 

KOREA Utara (Korut)  mengecam Menteri Pertahanan (Menhan Korea Selatan (Korsel) Suh Wook pada Minggu (3/4) karena pernyataan "sembrono" tentang kemampuan Seoul untuk menyerang Pyongyang.

Pada Jumat (1/4), Menhan Korsel tersebut mengatakan bahwa pasukannya memiliki rudal dengan kemampuan untuk secara akurat dan cepat mengenai target apa pun di Korea Utara.

Pernyataan itu kemudian mengundang kecaman dari Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan penasihat utamanya.

"Retorikanya yang sembrono dan tidak terkendali tentang 'serangan pendahuluan' semakin memperburuk hubungan antar-Korea dan ketegangan militer di Semenanjung Korea," katanya menurut kantor berita resmi Korea Utara KCNA.

Baca juga: Korsel Sebut Rudal Korut Modifikasi Stok Lama

"Korea Selatan mungkin menghadapi ancaman serius karena pernyataan sembrono yang dibuat oleh Menteri Pertahanannya. Korea Selatan harus mendisiplinkan dirinya sendiri jika ingin mencegah bencana," tambah Kim.

Dalam pernyataan terpisah pada Minggu (3/4), Pak Jong Chon, sekretaris komite pusat partai yang berkuasa di Korea Utara, juga memperingatkan Korea Selatan agar tidak melakukan tindakan militer apapun terhadap Pyongyang.

"Tentara kami tanpa ampun akan mengarahkan semua kekuatan militernya untuk menghancurkan target utama di Seoul," katanya. Namun, Pak tidak merinci target yang mana.

Korea Utara telah melanjutkan uji coba senjata yang melanggar sanksi dengan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini. Bulan lalu, negara itu menembakkan rudal balistik antarbenua pertamanya pada jarak penuh sejak 2017. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT