29 March 2022, 15:01 WIB

Recep Erdogan Desak Rusia-Ukraina Akhiri Tragedi


Nur Aivanni | Internasional

Kenzo TRIBOUILLARD / AFP
 Kenzo TRIBOUILLARD / AFP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara pada konferensi pers di Pertemuan Uni Eropa di Brusse, Belgia, Kamis (24/3). 

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak delegasi Rusia dan Ukraina untuk mengakhiri tragedi saat dia menjadi tuan rumah pembicaraan di Istanbul pada Selasa (29/3).

Pembicaraan tatap muka di istana Dolmabahce di Istanbul bertujuan untuk mencoba mengakhiri perang yang telah menewaskan sekitar 20.000 orang dan memaksa lebih dari 10 juta orang meninggalkan rumah mereka.

Itu adalah pertama kalinya delegasi kedua negara, yang tiba di Turki pada Senin (28/3), bertemu setelah beberapa putaran pembicaraan melalui konferensi video.

"Kedua pihak memiliki kekhawatiran yang sah, itu mungkin untuk mencapai solusi yang dapat diterima oleh komunitas internasional," kata Erdogan.

Baca juga: Ukraina Klaim Rebut Kembali Pinggiran Kota Kyiv

"Terserah kedua pihak untuk mengakhiri tragedi ini," tegasnya, yang seraya menambahkan bahwa perpanjangan konflik bukanlah kepentingan siapa pun.

Turki pada 10 Maret menjadi tuan rumah pertemuan pertama antara menteri luar negeri Ukraina dan Rusia sejak invasi ke Ukraina bulan lalu di kota Antalya, Turki selatan. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT