24 March 2022, 21:24 WIB

Tiongkok Tegaskan Dukungan kepada Palestina dalam Sidang OKI


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Ishara S Kodikara.
 AFP/Ishara S Kodikara.
Wang Yi.

MENTERI Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menegaskan dukungan negaranya kepada rakyat Palestina di depan para menteri luar negeri negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang sedang bersidang di Islamabad, Pakistan.

"Tiongkok akan terus berdiri tegak bersama rakyat Palestina. Sejak awal, Tiongkok mendukung konferensi perdamaian internasional guna mendorong penyelesaian masalah Palestina secara adil," kata Wang dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) di Beijing, Kamis (24/3).

Ia mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok tidak akan pernah melupakan peristiwa saat Aljazair dan negara-negara lain bersama-sama mengajukan resolusi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hampir 30 negara Islam dengan tegas mendukung dan membawa Tiongkok kembali ke PBB pada 1971. 

"Begitu juga dengan isu Palestina yang menjadi perhatian utama dunia Islam, Tiongkok tidak pernah ragu-ragu atau bahkan tidak pernah absen dalam mendukung Palestina," katanya. Pihaknya juga menghormati pilihan rakyat Afghanistan dan mendukung segala upaya pemerintah di negara itu untuk membentuk struktur politik yang inklusif dan tata pemerintahan yang moderat serta membuka lembaran baru rekonsiliasi demi terciptanya perdamaian di negara yang baru dikuasai oleh kelompok militan Taliban. 

Wang merasa terhormat diundang dalam pertemuan tingkat menlu OKI yang merupakan kesempatan pertama kali bagi dirinya untuk berbicara di forum tersebut. "Hal ini menunjukkan keinginan yang tulus bagi Tiongkok dan negara-negara Islam untuk meningkatkan kerja sama," ujar anggota Dewan Negara Tiongkok itu.

Baca juga: Orang Israel Rusak Ban Puluhan Mobil Warga Sheikh Jarrah Palestina

Menurut dia, peradaban Tiongkok dan peradaban Islam telah memberikan pengaruh global yang signifikan. "Hubungan di antara kita sudah berlangsung berabad-abad yang lalu. Hubungan ini telah mampu bertahan menghadapi berbagai ujian tantangan global dan mendapatkan dukungan yang solid dari rakyat. Persahabatan ini dilandasi kesetaraan yang saling menguntungkan," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Wang menyebutkan bahwa Tiongkok mengirimkan 1,3 miliar dosis vaksin covid-19 kepada 50 negara Islam dan masih akan mengirimkan 300 juta dosis lagi. Tiongkok juga telah menandatangani proyek infrastruktur senilai US$400 miliar (sekitar Rp5,75 kuadriliun) dengan 54 negara Islam dalam kerangka kerja sama Prakarsa Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative). (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT