21 March 2022, 23:37 WIB

Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Diprediksi Akan Laku Rp2,8 Triliun


Widhoroso | Internasional

AFP/TIMOTHY A. CLARY
 AFP/TIMOTHY A. CLARY
Lukisan 'Shot Sage Blue Marilyn' karya Andy Warhol diprediksi akan laku terjual Rp2,8 triliun dalam lelang, Mei mendatang.  

RUMAH lelang Christie, Senin (21/3) menyatakan akan melelang lukisan potret Marilyn Monroe hasil karya Andy Warhol. Lukisan berjudul 'Shot Sage Blue Marilyn' yang dibuat Warhol pada 1964 itu diperkirakan akan laku dengan harga US$200 juta atau sekira Rp2,8 triliun dalam lelang yang akan berlangsung Mei mendatang di New York, AS.

Dalam pernyataannya, rumah lelang Christie mengharapkan lukisan itu menjadi karya seni abad ke-20 yang paling mahal. Dalam sebuah pernyataan, Christie menggambarkan karya layar sutra berukuran 100 cm kali 100 cm itu sebagai salah satu gambar paling langka dan paling transenden yang pernah ada.

Alex Rotter, kepala seni abad ke-20 dan ke-21 rumah lelang Christie menyebut lukisan itu merupakan lukisan abad ke-20 paling signifikan yang akan dilelang dalam satu generasi. "Lukisan Marilyn Monroe dari Andy Warhol adalah puncak dari American Pop dan janji dari Impian Amerika yang merangkum optimisme, kerapuhan, selebritas, dan ikonografi sekaligus," katanya dalam sebuah pernyataan.

Warhol pertama kali mulai membuat layar sutra Monroe setelah kematian sang artis pada pada Agustus 1962. Warhol menghasilkan empat yang karya yang dikenal sebagai 'Shot Marilyn' yang semuanya berukuran sama dengan latar belakang warna yang berbeda.

Lukisan 'Shot Sage Blue Marilyn' menampilkannya dengan wajah merah muda, bibir ruby, rambut kuning, dan eye shadow biru dengan latar belakang biru muda. (AFP/OL-15)

BERITA TERKAIT