15 March 2022, 13:21 WIB

Yakinkan AS, Brasil Siap Tingkatkan Produksi Minyak


 Nur Aivanni | Internasional

EVARISTO SA / AFP
 EVARISTO SA / AFP
Menteri Pertambangan dan Energi Brasil Bento Albuquerque. 

PEMERINTAH Brasil, pada Senin (14/3), meyakinkan Amerika Serikat akan meningkatkan produksi minyaknya. Itu merupakan sebuah keputusan yang dapat membantu meredakan kekhawatiran atas pasokan minyak mentah global setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Menteri Pertambangan dan Energi Brasil Bento Albuquerque mengatakan dia telah berbicara dengan mitranya Menteri Energi AS Jennifer Granholm, dan menegaskan bahwa Brasil akan berusaha meningkatkan produksi minyaknya.

"Dia bertanya kepada saya apakah Brasil dapat menjadi bagian dari upaya ini (untuk menghasilkan lebih banyak minyak), dan saya mengatakan kepadanya 'Tentu saja bisa'," kata Albuquerque.

"Kami telah meningkatkan produksi, sementara sebagian besar negara OECD telah menguranginya. Kami telah meningkatkan produksi kami di tiga tahun terakhir," kata Albuquerque dalam catatan yang dikirim oleh kementerian kepada AFP.

Baca juga: Sita Aset Afganistan, AS Dinilai Abaikan Kemanusiaan

Selama percakapan, Granholm menjelaskan bahwa negara-negara lain membuat keputusan serupa untuk menghindari volatilitas yang lebih besar di pasar minyak global.

Namun, Kementerian Pertambangan dan Energi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Brasil adalah salah satu dari 10 produsen minyak terbesar di dunia, yang memproduksi sekitar tiga juta barel per hari.

Setelah mengumumkan embargo impor bahan bakar fosil dari Rusia sebagai hukuman atas invasinya ke Ukraina, Presiden AS Joe Biden telah mencari cara untuk mengurangi tekanan pada harga minyak, yang sudah berada pada tingkat yang tinggi sebelum konflik dimulai. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT