27 February 2022, 14:44 WIB

Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik


Nur Aivanni | Internasional

Jung Yeon-je / AFP
 Jung Yeon-je / AFP
Warga menonton monitor televisi di stasion kereta di Seoul, Korea Selatan, yang menunjukkan rudal balistik dari Korea Utara, Minggu (27/2).

KOREA Selatan mengatakan bahwa Korea Utara menembakkan rudal balistik pada Minggu (27/2). Peluncuran tersebut adalah yang kedelapan di Pyongyang sepanjang tahun ini.

Analis telah secara luas memperkirakan Pyongyang akan berusaha memanfaatkan gangguan AS atas invasi Rusia ke Ukraina dengan uji coba baru.

Militer Korea Selatan, pada Minggu (27/2), mengatakan telah mendeteksi rudal balistik yang ditembakkan ke arah Laut Jepang pada pukul 07.52 waktu setempat dari Pyongyang.

Baca juga: Pasukan Rusia Diperintahkan Maju ke Ukraina dari Segala Arah

"Rudal balistik terbaru memiliki jangkauan sekitar 300 kilometer dan ketinggian sekitar 620 kilometer," tambahnya. Jepang juga mengonfirmasi peluncuran tersebut.

Gedung Biru, istana kepresidenan Korea Selatan, menyatakan keprihatinan yang mendalam dan penyesalan yang mendalam serta mengkritik waktunya ketika dunia melakukan upaya untuk menyelesaikan perang Ukraina.

Di sisi lain, kata seorang peneliti Institut Penelitian Korea untuk Strategi Nasional Shin Beom-chul, Pyongyang mengambil kesempatan untuk melakukan uji coba senjata, sementara kepentingan AS bergeser ke Eropa atas krisis Ukraina dan Dewan Keamanan PBB tidak dapat berfungsi.

"Korea Utara melihat ini sebagai saat yang tepat untuk melanjutkan pengembangan senjata yang diperlukan dan untuk memperkuat persenjataan nuklirnya," tambahnya. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT