23 February 2022, 11:10 WIB

Rusia akan Segera Evakuasi Diplomatnya dari Ukraina


Nur Aivanni | Internasional

AFP/ALEXEY NIKOLSKY
 AFP/ALEXEY NIKOLSKY
Presiden Rusia Vladimir Putin

RUSIA akan segera mengevakuasi staf diplomatiknya dari Ukraina untuk melindungi hidup mereka, setelah anggota parlemen mengizinkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggunakan kekuatan di luar negeri.

"Untuk melindungi kehidupan dan keselamatan (para diplomat), kepemimpinan Rusia memutuskan untuk mengevakuasi personel misi luar negeri Rusia di Ukraina, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Kementerian Luar Negeri Moskow dalam sebuah pernyataan.

Kementerian mengatakan para diplomatnya telah menerima ancaman dan kedutaan serta konsulatnya telah telah diserang berulang kali.

"Ukraina telah jatuh lebih dalam ke dalam kekacauan," kata pernyataan itu.

Baca juga: Australia Jatuhkan Sanksi terhadap Pejabat Tinggi Rusia

Beberapa kedutaan besar negara-negara Barat telah dipindahkan dari Kyiv ke kota Lviv dekat perbatasan Polandia, ketika AS dan sekutunya selama berbulan-bulan menuduh Rusia merencanakan serangan ke Ukraina.

Pengumuman evakuasi itu datang tak lama setelah majelis tinggi parlemen Rusia memberi izin kepada Putin untuk menggunakan tentara Rusia di luar negeri.

Untuk diketahui, pada Senin, Putin mengakui wilayah Donetsk dan Lugansk yang dikuasai separatis di Ukraina timur sebagai wilayah yang independen dan menandatangani perjanjian dengan mereka. Itu membuka jalan untuk kehadiran militer Rusia di negara yang didukung Barat itu. (AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT