10 February 2022, 14:14 WIB

Korea Utara Siap Gelar Parade Militer dalam Waktu Dekat


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

STR / KCNA VIA KNS / AFP
 STR / KCNA VIA KNS / AFP
Parade militer dan paramiliter yang digelar saat memperingati HUT ke-73 Korea Utara di Lapang Kim Il-sung, Pyongyang, pada 9 September 2021 

KOREA Utara sedang melakukan persiapan untuk parade militer yang dapat digelar paling cepat minggu depan, meningkatkan ketegangan setelah rentetan uji coba rudal sepanjang Januari 2022

Citra satelit komersial dari tempat pelatihan parade Korea Utara yang diambil akhir pekan lalu menunjukkan ratusan personel dalam formasi.

Situs 38 North yang menyoroti Korea Utara melaporkan latihan parade kemungkinan untuk mempersiapkan perade mendatang.

Dalam laporan terpisah dari NK News, informasi dari citra satelit dan sumber informasi di lapangan di Pyongyang mengindikasikan rencana untuk mengadakan parade pada liburan mendatang.

Dua peristiwa besar dalam kalender Korea Utara adalah hari libur 16 Februari yang akan menjadi ulang tahun ke-80 mantan pemimpin Kim Jong Il dan hari libur 15 April untuk menandai ulang tahun ke-110 pendiri negara Kim Il Sung.

Kim Jong-un, putra dan cucu dari dua mantan pemimpin tersebut telah menggunakan parade untuk memamerkan rudal negara yang dirancang untuk mengirimkan senjata nuklir ke daratan AS dan sekutu Amerika di Asia.

Baca juga: Korut Siap Guncang Dunia Lewat Uji Coba Rudal Jangkau Wilayah AS

Kurangnya aktivitas kendaraan di tempat latihan menunjukkan bahwa jika ada parade pekan depan. Kemungkinan besar Kim tidak akan meluncurkan persenjataan besar pada saat itu, kata dua laporan tersebut.

Pada parade tentara berbaris melalui pusat Pyongyang akan digunakan untuk menggalang dukungan di dalam negeri. Pasalnya negara yang berideologi komunisme itu sedang berjuang melawan kekurangan pangan terburuk dalam beberapa tahun.

Sementara itu, para menteri luar negeri dari AS, Korea Selatan, dan Jepang akan bertemu akhir pekan ini di Hawaii untuk membahas rentetan rekor uji coba rudal bulanan Korea Utara pada Januari 2022 dari roket berkemampuan nuklir yang dirancang untuk menghindari senjata anti-rudal yang dioperasikan AS.

Martyn Williams, seorang rekan di Stimson Center yang ikut menulis artikel 38 North, mengatakan parade pekan depan untuk hari libur dalam rangka ulang tahun Kim Jong Il mungkin terjadi.

"Korea Utara memang melakukan parade besar yang sebagian besar terdiri dari orang-orang yang berbaris. Mereka tidak mendapatkan banyak publisitas, tetapi ini bisa menjadi salah satunya," katanya.

"Jika saya menebak di antara keduanya, saya akan mengatakan hari libur 15 April untuk Kim Il Sung lebih mungkin untuk menggelar parade besar,” imbuhnya.

Sejauh ini pemerintahan Biden belum mengalah pada tuntutan Korea Utara agar mengurangi sanksi yang mencekik ekonominya.

Sementara Washington mengatakan pintu terbuka bagi Kim Jong-un untuk kembali ke pembicaraan perlucutan senjata nuklir yang terhenti selama sekitar tiga tahun.

AS juga menegaskan secara terbuka bahwa tidak ada hal baru yang ditawarkan untuk membujuknya kembali ke negosiasi.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yakin Presiden Joe Biden dan pemimpin Korea Utara pada akhirnya akan bertemu untuk membahas program senjata nuklir Pyongyang, Kantor Berita Yonhap melaporkan Kamis (10/2), mengutip wawancara tertulis bersama.

Kim Jong-un belum menunjukkan minat untuk kembali berunding dengan AS sementara Biden belum menunjukkan keinginannya untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara yang bertemu mantan Presiden Donald Trump tiga kali tersebut.

Namun pembicaraan mereka tidak mengarah pada langkah konkret untuk menghentikan persenjataan nuklir Korea Utara yang semakin kuat sementara diskusi mereka tersendat-sendat.

Korea Utara telah menunda uji coba rudal sementara negara tetangga dan dermawan terbesar Tiongkok menjadi tuan rumah Olimpiade Beijing. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

BERITA TERKAIT