01 February 2022, 16:28 WIB

Peringatan Kudeta Myanmar, Indonesia Desak Junta Ikuti Konsensus ASEAN


Nur Aivanni | Internasional

AFP.
 AFP.
Pagoda Shwedagon di Yangon pada 1 Februari 2022.

PEMERINTAH Indonesia mendesak militer Myanmar untuk segera menindaklanjuti lima poin konsensus yang telah disepakati oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

"Indonesia mendesak agar militer Myanmar dapat segera menindaklanjuti 5PC (lima poin konsensus)," demikian pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Selasa (1/2).

Pemerintah juga mendesak junta untuk memberikan akses kepada Utusan Khusus ASEAN untuk dapat memulai kerjanya sesuai mandat para pemimpin ASEAN melalui lima poin konsensus.

Hari ini yang menandai satu tahun pengambilalihan kekuasaan oleh militer di Myanmar, Indonesia juga mengecam tindakan tersebut.

"Sebagai keluarga, ASEAN telah mengulurkan bantuan, melalui lima poin konsensus. Sangat disayangkan, sampai saat ini tidak terdapat kemajuan signifikan terhadap pelaksanaan konsensus tersebut," bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Lawan Junta, Toko-Toko di Myanmar Tutup saat Peringatan Kudeta

Dikatakan Kemenlu, Indonesia akan terus memberikan bantuan dan perhatian pada keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar. "Indonesia menghargai dukungan dunia internasional terhadap lima poin konsensus ASEAN," kata pernyataan itu. (OL-14)

BERITA TERKAIT