25 January 2022, 21:00 WIB

Israel Paksa Keluarga Palestina Angkat Kaki dari Rumah Mereka


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Hazem Bader.
 AFP/Hazem Bader.
Seorang demonstran Palestina melemparkan batu ke arah pasukan keamanan Israel selama konfrontasi dengan mereka di pusat kota Hebron.

SATU keluarga Palestina di Jerusalem Timur yang diduduki dipaksa oleh pemerintah kota Israel untuk angkat kaki dari rumah mereka. Rumah tersebut berada di lingkungan al-Tur. 

Pasalnya, menurut saksi mata sebagaimana dilansir kantor berita Palestina Wafa, Israel dalam persiapan untuk menghancurkan rumah itu. Mereka mengatakan keluarga Karameh mulai pagi ini memindahkan perabotannya dari gedung berlantai dua mereka sebelum pemerintah kota memulai pembongkaran dengan dalih pembangunan tanpa izin.

Kotamadya Israel, yang dipimpin oleh wali kota dan wakil wali kota sayap kanan, baru-baru ini mengintensifkan kampanyenya terhadap rumah-rumah milik Palestina di bagian kota yang diduduki. Mereka mengeluarkan perintah pembongkaran atau memaksa pemilik rumah untuk melakukan pembongkaran sendiri untuk menghindari biaya yang membengkak jika pembongkaran dilakukan oleh kotamadya.

Ratusan rumah Palestina di kota itu berada di bawah ancaman penggusuran paksa dan pembongkaran dengan dalih pembangunan tanpa izin. Maklum, mendapatkan izin konstruksi di kota hampir tidak mungkin karena kebijakan diskriminatif pemerintah setempat terhadap orang Arab.

Baca juga: Gereja Bizantium yang Direstorasi kembali Buka di Gaza Palestina

Akibatnya, kebijakan itu memaksa orang untuk membangun properti di atas tanah mereka sendiri tanpa izin. Ini mempertaruhkan kemungkinan pembongkaran dan membayar denda yang sangat tinggi serta biaya pengadilan. (OL-14)

BERITA TERKAIT