25 January 2022, 04:18 WIB

Boris Johnson Gelar Pesta Ulang Tahun di Tengah Lockdown


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Adrian DENNIS
 AFP/Adrian DENNIS
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

PERDANA Menteri Inggris Boris Johnson melanggar aturan lockdown dengan menggelar pesta ulang tahun yang dihadiri sekitar 30 orang di Downing Street pada 2020. Hal itu dilansir sebuah stasiun televisi Inggris, Senin (24/1)

Tudingan teranyar itu muncul saat Johnson berusaha menyelamatkan diri terkait penyelidikan bahwa dirinya melanggar aturan lockdown dengan menggelar pesta di Downing Street.

ITV melaporkan tunangan Johnson, Carrie Symonds, yang kini telah berstatus istri, menggelar pesta ulang tahun ke-56 bagi PM Inggris itu pada 19 Juni 2020 dengan mengundang sekitar 30 orang.

Baca juga: PM Inggris Hadapi Parlemen terkait Skandal Pelanggaran Pembatasan Covid-19

Padahal, berdasarkan aturan yang berlaku pada saat ini, pertemuan sosial hanya boleh dihadiri oleh maksimal enam orang dan digelar di ruang terbuka.

Kala itu, Johnson meminta warga Inggris untuk menahan diri dan mematuhi aturan yang da.

ITV melaporkan mereka yang hadir dalam pesta di Ruang Kabinet, ruang pertemuan di Downing Street itu termasuk seorang desainer interior yang tengah mengerjakan flat milik Johnson namun tidak termasuk dalam stafnya, Lulu Lytle.

Stasiun televisi itu menyebut Symonds dan Lytle membawakan kue untuk Johnson saat staf Downing Street menyanyikan lagu Happy Birthday.

Downing Street mengatakan staf Downing Street memang sempat berkumpul dan Johnson menghadri pertemuan itu selama 10 menit.

Namun, mereka membantah bahwa Johnson menggelar pesta terpisah pada malam hari dengan teman-temannya dengan mengatakan Johnson bertemu sejumlah anggota keluarganya di luar ruangan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT