20 January 2022, 17:55 WIB

Israel Beli Tiga Kapal Selam Jerman usai Didera Isu Korupsi


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Ina Fassbender.
 AFP/Ina Fassbender.
Logo dan nama konglomerat industri Jerman ThyssenKrupp.

ISRAEL pada Kamis (20/1) mengumumkan kesepakatan dengan Jerman untuk mengembangkan dan membeli tiga kapal selam dari raksasa industri Jerman Thyssenkrupp seharga tiga miliar euro (US$3,4 miliar).

"Kapal selam baru akan meningkatkan kemampuan angkatan laut Israel. Ini akan berkontribusi pada keunggulan keamanan Israel di kawasan itu," kata Menteri Pertahanan Benny Gantz dalam pernyataannya.

Menurut para analis, negosiasi antara Israel dan Jerman mengenai kesepakatan itu tertunda dan diperumit oleh dugaan korupsi yang melibatkan pembelian terakhir kapal selam Jerman oleh Israel.

Kesepakatan baru termasuk pembelian tiga kapal selam Dakar. Yang pertama akan dikirim ke angkatan laut Israel dalam waktu sembilan tahun. 

Itu juga termasuk pembuatan simulator pelatihan di Israel dan pasokan suku cadang. Kementerian pertahanan mengatakan pemerintah Jerman akan mendanai sebagian dari kesepakatan melalui hibah khusus, sejalan dengan kesepakatan yang ditandatangani oleh kedua negara pada 2017.

Selain itu, kesepakatan senilai Eur850 juta ditandatangani dengan kementerian ekonomi dan teknologi Jerman untuk berinvestasi di industri Israel, termasuk perusahaan pertahanan. Kesepakatan itu ditandatangani Kamis pada akhir proses perencanaan dan negosiasi beberapa tahun.

Baca juga: Prancis, Jerman, Italia, Spanyol Desak Israel Setop Pemukiman Ilegal

Dugaan skema suap besar-besaran dalam kesepakatan Israel pada 2012 untuk membeli kapal selam Thyssenkrupp telah melibatkan beberapa pejabat tinggi militer dan rekan dekat mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu. Tahun lalu, mantan kepala staf Netanyahu serta beberapa pejabat senior lain didakwa dalam kasus tersebut. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT