12 January 2022, 21:19 WIB

Pemimpin Hamas Bertemu Menlu Iran di Qatar


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Atta Kenare.
 AFP/Atta Kenare.
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh (kedua dari kanan) berjabat tangan dengan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri (kiri).

PEMIMPIN Hamas Ismail Haniyeh bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian di Doha, Qatar. Ini dilaporkan perusahaan media pemerintah Iran, Al-Alam, sebagaimana dilansir The Jerusalem Post oleh MSN.

Dalam pertemuan yang diadakan di Kedutaan Besar Iran di Doha, Menlu Iran mengutuk kejahatan brutal yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Palestina.

Haniyeh memuji Amir-Abdollahian dan Republik Islam atas dukungan mereka untuk perjuangan rakyat Palestina melawan entitas Zionis.

Pertemuan keduanya juga diberitakan laman Hamas.ps. Delegasi Hamas membahas perkembangan yang berkaitan dengan perjuangan Palestina, khususnya dalam hal situasi di Jerusalem dan Tepi Barat yang diduduki Israel, tahanan Palestina di penjara pendudukan Israel, dan pengepungan Israel selama 15 tahun di Gaza. Delegasi itu memuji posisi republik Islam dalam mendukung perjuangan dan perlawanan Palestina.

Menteri Iran membahas perkembangan mengenai sejumlah hal, termasuk aliansi regional dan pembicaraan Wina, menegaskan kembali sikap negaranya untuk mendukung rakyat Palestina dan perlawanan. 

Baca juga: Pria Palestina Berusia 80 Tahun Tewas setelah Penangkapan Israel

Delegasi Hamas menyambut baik upaya yang dilakukan untuk mencapai persatuan di antara negara-negara Arab dan Muslim, terutama upaya yang dilakukan oleh Iran dan Arab Saudi. Selain Haniyeh, pertemuan itu dihadiri oleh anggota Biro Politik Hamas Khalil al-Hayya, serta Mousa Abu Marzouq selaku kepala kantor Haniyeh. (OL-14)

BERITA TERKAIT