11 January 2022, 12:28 WIB

Presiden Parlemen UE Meninggal Dunia


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

AFP/Julien WARNAND
 AFP/Julien WARNAND
Presiden Parlemen Eropa David Sassoli

PRESIDEN Parlemen Eropa David Sassoli meninggal di rumah sakit di Italia, Selasa (11/1) pagi.

Pria Italia berusia 65 tahun itu sakit parah dan telah dirawat di rumah sakit selama lebih dari dua minggu karena disfungsi sistem kekebalan tubuhnya.

"David Sassoli meninggal pada pukul 01.15 pagi pada 11 Januari di CRO di Aviano, Italia, di mana dia dirawat di rumah sakit," kata juru bicaranya Roberto Cuillo di Twitter.

Baca juga: Pejabat Uni Eropa akan Kunjungi Garis Depan Ukraina

"Tanggal dan tempat pemakaman akan diumumkan dalam beberapa jam ke depan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Senin (10/1), Cuillo mengungkapkan mantan pembaca berita televisi itu dirawat di rumah sakit sejak 26 Desember karena komplikasi serius akibat disfungsi sistem kekebalan tubuh, saat mengumumkan pembatalan kegiatan resmi Sassoli.

Sassoli sebelumnya dirawat dengan pneumonia selama beberapa minggu September lalu.

Parlemen Eropa duduk untuk masa jabatan lima tahun di antara pemilihan, tetapi presiden badan tersebut menjabat selama setengah dari waktu itu.

Sassoli telah mengindikasikan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri lagi. Ia lahir pada 30 Mei 1956, di Florence, Italia.

Setelah tiga dekade berkarier sebagai jurnalis Italia, Sassoli memulai kariernya di surat kabar kemudian pindah ke televisi dan menjadi pembawa berita nasional, Sassoli menjadi anggota Parlemen Eropa pada 2009 dan menjadi ketua pada 2019.

Dia adalah anggota Aliansi Progresif Sosialis dan Demokrat kiri-tengah, kelompok terbesar kedua di parlemen setelah Partai Rakyat Eropa kanan-tengah.

Meskipun perannya sebagai ketua, ia memiliki gelar presiden legislatif Eropa. Kedatangannya di ruangan itu secara tradisional diumumkan dalam bahasa Italia sebagai Il Presidente.

Tidak seperti beberapa pejabat Uni Eropa, yang berbicara dalam bahasa Inggris dan Prancis di depan umum, Sassoli menggunakan bahasa Italia.

Pada Selasa (18/1), anggota parlemen diharapkan mengadakan putaran pertama pemungutan suara untuk mencari penggantin Sassoli. (France24/OL-1)

BERITA TERKAIT