04 January 2022, 09:40 WIB

Jaksa New York Panggil Trump dan Anak-Anaknya Terkait Kasus Penipuan


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/MANDEL NGAN
 AFP/MANDEL NGAN
Presiden AS Donald Trump (tengah) diapit dua anaknya Donald Jr dan Ivanka.

JAKSA New York telah memanggil mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dan dua anaknya, Donald Jr dan Ivanka, terkait penyelidikan atas bisnis keluarga Tump.

Jaksa Agung Negara Bagian New York Letitia James mengeluarkan surat panggilan itu pada bulan lalu.

Surat panggilan itu terkemuka setelh Washington Post, Desember lalu, memerutakan bahwa James telah meminta Trump bersaksi di kantornya pada 7 Januari mendatang.

Baca juga: Trump Lontarkan Sumpah Serapah, Netanyahu Tanggapi Kecaman Itu

Surat panggilan kali ini adalah yang pertama jaksa juga memanggil anak-anak Trump.

Trump menanggapi panggilan itu dengan menggugat James dan menuding jaksa itu melanggar haknya lewat penyelidikan bermotf politik.

"Meski ada serangkaian upaya untuk menghalangi penyelidikan kami oleh organisasi Trump, kami optimistis pertanyaan kami akan terjawab dan kebenaran akan terungkap karena tidak ada seorang pun yang bebas hukum," tegas seorang juru bicara James, Senin (3/1).

Adapun Trump berusaha mementahkan surta panggilan itu lewat gugatan di pengadilan.

"TIndakan James adalah ancaman bagi demokrasi kita dan saya berencana membuat dia bertanggung jawab penuh," tegas kuas ahukum Trump, Alina Habba.

James tengah melakukan penyelidikan atas dugaan organisasi Trump secara ilegal mengelembungkan nilai properti mereka demi mendapatkan keuntungan perbankan dan pajak.

Dia mulai melakukan penyelidikan pada Maret 2019 dan menduga Organisasi Trump dengan sengaja mendongkrak nilai properti mereka saat meminta pinjaman dari bank dan menurunkan nilainya saat membuat laporan pajak agar hanya membayar pajak dengan nilai kecil. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT