29 December 2021, 20:29 WIB

Israel Bongkar lagi Rumah Warga Palestina di Tepi Barat


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Hazem Bader.
 AFP/Hazem Bader.
Pasukan Israel berjaga ketika wanita Palestina bereaksi terhadap pembongkaran rumah mereka di Area C Tepi Barat. 

PASUKAN militer Israel pada Selasa (29/12) menghancurkan satu rumah Palestina di Tepi Barat. Ini merupakan pembongkaran terbaru di wilayah yang diduduki, menurut pemiliknya.

"Pihak berwenang Israel menyebutkan tidak cukup izin bangunan menjadi alsan meratakan rumah di kota Jabal al-Sundas di Hebron," kata Mohamed al-Atrash kepada Anadolu Agency dilansir dari Yeni Safak.

Pembongkaran rumah telah memicu bentrokan antara warga Palestina yang marah dan pasukan Israel, menurut seorang reporter Anadolu Agency di lapangan.

Baca juga: Israel Hancurkan Rumah Warga Palestina di Tepi Barat

Rumah dua lantai itu terletak di Area C. Daerah ini berada di bawah kendali administrasi dan keamanan Israel sampai kesepakatan status akhir dicapai dengan Palestina.

Di bawah Kesepakatan Oslo 1995 antara Israel dan Otoritas Palestina, Tepi Barat, termasuk Jerusalem Timur, dibagi menjadi tiga bagian yakni Area A, B, dan C.

Baca juga: Israel Luncurkan Langkah-Langkah Bangun Kepercayaan Palestina

Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), total 768 bangunan Palestina di Area C dan Jerusalem Timur yang diduduki telah dihancurkan oleh Israel antara Januari dan November 2021. (OL-14)

BERITA TERKAIT