06 December 2021, 12:15 WIB

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/SHAMIL ZHUMATOV
 AFP/SHAMIL ZHUMATOV
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa

RUSIA, Rabu (8/12), akan menerbangkan miliarder Jepang Yusaku Maezawa ke Stasiun Luar Angksaa Internasional (ISS). Langkah itu menandai kembalinya Moskow ke bisnis pariwisata luar angkasa setelah absen selama satu dekade.

Maezawa, salah satu orang terkaya di Jepang,akan bertolak dari Kosmodom Baikonur di Kazakhstan didampingi asistennya Yozo Hirano.

Pada Minggu (5/12) pagi, kapal luar angkasa Soyuz yang dilengkapi bendera Jepang dan logo MZ, yang diambil darinama Maezawa telah dipindahkan ke tempat peluncuran di Baikonur.

Baca juga: Ibu Asal Karibia Menangkan Dua Tiket ke Luar Angkasa dengan Virgin Galactic

Misi itu mengakhiri terhentiknya program pariwisata luar angkasa Rusia yang terakhir kali mengirim turis ke luar angkasa pada 2009 yaitu pendiri Cirque du Soleil asal Kanada, Guy Laliberte.

Namun, Oktober lalu, badan luar angkasa Rusia (Roscosmos) mencetak sejarah dengan mengirimkan aktris Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko untuk merekam film di luar angkasa.

Penerbangan Maezawa terjadi saat Rusia menghadapi persaingan sebagai kekuatan luar angkasa.

Tahun lalu, perusahaan Amerika Serikat (AS) SpaceX milik miliarder Elon Musk mengakhiri monopoli Rusia untuk mengirimkan awak ke ISS kala kapsul Dragon mereka sukses mengirimkan astronaut ke ISS.

Namun, hal iitu membuat Rusia bisa menyewakan kursi di pesawat Soyuz mereka untuk turis seperti Maezawa.

Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang memiliki lebih dari 750 ribu subscriber. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT