02 December 2021, 10:00 WIB

Kamus Merriam-Webster Tetapkan Vaksin Sebagai Kata Tahun Ini


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/HAZEM BADER
 AFP/HAZEM BADER
Tenaga kesehatan di Palestina memperlihatkan vaksin covid-19.

KAMUS Merriam-Webster, Senin (29/11), menetapkan kata vaksin sebagai Kata Tahun Ini untuk 2021 mereflesikan harapan dan perpecahan yang dipicu oleh kampanye vaksinasi untuk mengatasi covid-19 di tahun kedua pandemi.

"Kata vaksin berarti lebih dar sekadar obat pada 2021," ujar kamus yang mendasarkan keputusan mereka pada meningkatnya pehartian pada kata itu.

"Bagi banyak orang, kata vaksin mewakili kemungkinan kembali ke kehidupan sebelum pandemi. Namun, kata itu juga menjadi pusat perdebatan mengenai pilihan pribadi, afiliasi politik, aturan profesional, keamanan sekolh, kesenjangan layanan kesehatan, dan banyak lagi," imbuh kamus itu.

Baca juga: Ribuan Vaksin Covid-19 Di Bengkulu Kedaluwarsa

Merriam-Webster mengatakan munculnya vaksin mRNA menyebabkan mereka harus memperluas definisi kata vaksin karena teknologi itu memicu sel tubuh untuk menciptakan antigen. Hal itu berbeda dengan vaksin tradisional yang menggunakan virus yang telah dinetralkan atau antigen.

Kata vaksin mengalami lonjakan pencarian hingga 601% selama 2021 dibandingkan 2020.

"Pentingnya vaksin dalam kehidupan kita menjadi semakin jelas ketika kita membandingkan 2021 dan 2019 dengan pencarian kata itu meningkat hingga 1.048%," ungkap Merriam-Webster.

Kata vaksin kembali menjadi sorotan dengan ditemukannya varian baru covid-19, Omicron, yang memicu desakan agar warga di negara berkembang segera divaksin dan agar vaksin tersebar lebih merata di dunia. (AFP/OL-)

BERITA TERKAIT