28 November 2021, 14:19 WIB

Australia Deteksi Infeksi Omicron untuk Pertama Kalinya


Nur AivanniĀ  | Internasional

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi - Virus Covid-19.

PEJABAT kesehatan di Australia, pada Minggu, mengatakan bahwa mereka telah mendeteksi strain covid omicron untuk pertama kalinya setelah menguji dua penumpang dari Afrika selatan yang terbang ke Sydney.

Otoritas kesehatan negara bagian New South Wales mengatakan telah melakukan pengujian genomik yang mendesak dan mengonfirmasi bahwa strain baru itu ada pada dua penumpang yang mendarat di Sydney pada Sabtu.

Baca juga: Polisi Tiongkok Tangkap Narapidana Korea Utara yang Buron

Dalam sebuah pernyataan, NSW Health mengatakan bahwa kedua penumpang itu berasal dari Afrika selatan dan tiba di Australia dengan penerbangan Qatar Airways melalui Doha.

Mereka dinyatakan positif covid tak lama setelah tiba, yang mengarah ke analisis mendesak untuk kemungkinan infeksi omicron.

"Dua kasus positif yang tidak menunjukkan gejala, diisolasi di fasilitas kesehatan khusus. Kedua orang tersebut sudah divaksin lengkap," kata NSW Health.

12 penumpang lainnya dari Afrika selatan dalam penerbangan yang sama, katanya, tidak dinyatakan positif covid tetapi telah ditempatkan di karantina.

Sekitar 260 penumpang dan awak di pesawat, kata otoritas kesehatan, juga telah diberitahu untuk melakukan isolasi. (AFP/Nur/OL-6)

BERITA TERKAIT