18 November 2021, 20:56 WIB

Petugas Kebersihan Menhan Israel Didakwa sebagai Mata-Mata Iran


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Ahmad Gharabli.
 AFP/Ahmad Gharabli.
Benny Gantz. 

SEORANG pria yang bekerja di rumah Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz didakwa pada Kamis (18/11) sebagai mata-mata dari hacker Black Shadow. Hacker ini konon terkait dengan Iran.

Menurut dakwaan yang diterbitkan oleh Kementerian Kehakiman Israel, seorang warga berusia 37 tahun di pusat kota Lod bernama Omri Goren Gorochovsky ditangkap pada 4 November. Surat perintah penangkapan untuk Gorochovsky mengatakan dia memiliki sejarah kriminal yang luas, termasuk lima hukuman dan hukuman penjara yang dijalani untuk berbagai pelanggaran termasuk perampokan bank.

Itu menimbulkan pertanyaan tentang dia dapat bekerja di rumah salah satu pejabat tinggi keamanan Israel. Dalam pernyataan terpisah, badan keamanan domestik Shin Bet mengatakan Gorochovsky tidak pernah mendapatkan akses ke materi rahasia sehingga berhasil berbagi rahasia negara.

Gorochovsky dan rekannya bekerja sebagai pembersih di rumah Gantz di Rosh Haayin di luar Tel Aviv, kata dakwaan. Akhir bulan lalu, para peretas Black Shadow mengklaim serangan siber yang menargetkan penyedia layanan internet Israel yang menarik perhatian media secara luas.

Dalam lembar dakwaan Gorochovsky, Black Shadow digambarkan sebagai berafiliasi dengan Iran. Setelah serangan siber profil tinggi, Gorochovsky diduga menghubungi Black Shadow melalui Telegram pada atau sekitar 31 Oktober dengan tawaran untuk menyampaikan informasi dari rumah Gantz.

Baca juga: Warga Palestina Meninggal Dunia dalam Penjara Israel

Menggunakan nama palsu, Israel mengatakan tersangka mengidentifikasi dirinya sebagai seseorang yang bekerja di rumah menteri pertahanan Israel dan mencatat kemampuannya untuk membantu kelompok itu dengan berbagai cara.

Menurut lembar dakwaan, Gorochovsky mengatakan kepada perwakilan Black Shadow bahwa untuk sejumlah uang dia akan menyampaikan informasi melalui malware yang dia usulkan ada di perangkat USB.

Foto keluarga 

Untuk membuktikan kredibilitasnya, surat dakwaan mengatakan, Gorochovsky mengirim foto berbagai barang di rumah menteri. Itu termasuk meja kerja Gantz, paket dengan stiker yang berisi alamat IP, kenang-kenangan dari peran Gantz sebelumnya sebagai kepala staf angkatan bersenjata Israel, foto keluarga, dan tanda terima pembayaran pajak properti.

Shin Bet mengatakan upaya spionase itu dengan cepat digagalkan. Gorochovsky ditangkap hanya beberapa hari setelah dia menghubungi Black Shadow.

Kelompok peretas, yang tidak mengakui hubungan apapun dengan musuh bebuyutan Israel, Iran, telah disalahkan atas beberapa serangan terhadap infrastruktur internet Israel. Dalam kasus terbaru, ia memperoleh database situs kencan LGBTQ Israel terbesar dan merilis data pribadi yang sensitif, termasuk status HIV, sekitar satu juta pengguna.

Baca juga: Google Blokir Black Shadow yang Bocorkan Pengguna Situs LGBTQ Israel

Kelompok itu juga telah meretas perusahaan asuransi Israel, mencuri sejumlah besar data, dan membocorkannya ketika permintaan tebusan tidak dipenuhi. Peretasan Black Shadow merupakan bagian dari perang rahasia selama bertahun-tahun antara Israel dan Iran termasuk serangan fisik terhadap kapal dan gerakan siber ofensif online.

Shin Bet mengatakan pihaknya juga telah meluncurkan penyelidikan untuk mengurangi kemungkinan terulangnya insiden semacam ini di masa depan. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT