06 November 2021, 09:03 WIB

Dewan Keamanan PBB Serukan Gencatan Senjata di Ethiopia


Nur Aivanni | Internasional

Yasuyoshi CHIBA / AFP
 Yasuyoshi CHIBA / AFP
Warga berjalan tak jauh dari tank yang ditinggalkan di jalan dekat Dengolat, barat daya Mekele di wilayah Tigray, Ethiopia.

DEWAN Keamanan PBB, pada Jumat (5/11), menyerukan gencatan senjata di Ethiopia dan menyatakan keprihatinan mendalam atas eskalasi pertempuran di utara negara yang dilanda konflik itu.

"Anggota Dewan Keamanan menyatakan keprihatinan mendalam tentang perluasan dan intensifikasi bentrokan militer di Ethiopia utara," kata badan itu dalam sebuah pernyataan bersama.

"Mereka lebih lanjut menyerukan untuk mengakhiri permusuhan dan untuk menegosiasikan gencatan senjata yang langgeng serta menciptakan kondisi bagi dimulainya dialog nasional Ethiopia yang inklusif untuk menyelesaikan krisis tersebut," jelas pernyataan tersebut.

Sebanyak 15 negara Anggota Dewan Keamanan PBB yang telah berjuang untuk mencapai posisi yang sama atas konflik di Ethiopia, mengeluarkan pernyataan itu ketika pemberontak Tigrayan mengancam akan berbaris di ibu kota Addis Ababa, setahun setelah pertempuran.

Dewan juga menyatakan keprihatinan atas situasi kemanusiaan dan stabilitas nasional, dan menegaskan kembali komitmen kuat mereka terhadap kedaulatan, kemerdekaan politik, integritas teritorial dan persatuan Ethiopia. Pertemuan dewan yang ditetapkan pada Jumat (5/11) telah ditunda hingga Senin (8/11). (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT