20 October 2021, 12:54 WIB

Penyelam Israel Temukan Pedang Tentara Salib Berusia 900 Tahun


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Jack Guez.
 AFP/Jack Guez.
Jacob Sharvit.

ISRAEL pada Selasa (19/10) menunjukkan pedang berusia 900 tahun yang diyakini milik seorang tentara salib. Seorang penyelam scuba menemukan pedang itu di lepas pantai Mediterania.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan penyelam Shlomi Katzin menemukan pedang besi yang sekarang diselimuti organisme laut. Pedang itu ditemukan setelah pergerakan pasir membuatnya tersingkap.

"Pedang, yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna, menjadi penemuan yang indah dan langka. Ternyata itu milik seorang kesatria tentara salib," kata Nir Distelfeld dari IAA dalam suatu pernyataan.

IAA mengatakan daerah pantai Carmel tempat pedang itu ditemukan telah digunakan selama berabad-abad oleh kapal-kapal yang mencari perlindungan dari badai karena banyak teluk. Karenanya, lokasi itu meninggalkan berbagai temuan arkeologis yang kaya.

Kobi Sharvit dari unit arkeologi laut IAA mengatakan tren penyelam menemukan artefak berharga semakin meningkat. Meskipun para profesional terus-menerus menyurvei area bawah laut, penyelam sering kali menjadi yang pertama menemukan harta karun yang baru saja digali oleh pergeseran pasir baru-baru ini.

Baca juga: Israel Setujui 4.000 Warga Palestina sebagai Penduduk Tepi Barat

Pedang itu harus dibersihkan dan dianalisis sebelum dipajang di depan umum. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT