20 October 2021, 07:15 WIB

Ketua IAEA Kecewa Teheran Tunda Pertemuan Nuklir


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Olivier DOULIERY
 AFP/Olivier DOULIERY
Kepala Badan Pengawas Nuklir PBB (IAEA) Rafael Grossi

KEPALA Badan Pengawas Nuklir PBB (IAEA) Rafael Grossi, Selasa (19/10), mengungkapkan kekecewaannya setelah Iran menunda perundingan untuk kembali ke kesepakatan nuklir sebagai imbalan melonggarkan sanksi bagi 'Negeri Para Mullah' itu.

Grossi mengaku dia masih menunggu perundingan tingkat tinggi dengan pejabat Iran di Teheran seperti telah direncanakan sejak September lalu.

"Kami sepakat untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi namun hingga kini belum juga terwujud. Saya berharap pertemuan ini bisa segera digelar," ujar Grossi di Washington.

Baca juga: Para Ahli PBB: Takut Sanksi AS Hilangkan Hak Kesehatan Iran

Grossi mengaku tidak sabar kembali ke Teheran untuk bertemu dengan petinggi Iran.

"Bisa saja presiden atau bisa saja menteri luar negeri. Saya tidak tahu. Mereka yang akan memutuskan hal itu," ungkapnya.

Pada 12 September lalu, IAEA menegosiasikan kompromi baru dengan Iran terkait program nuklir mereka dan berharap meulai kembali perundingan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015.

Iran mulai tidak mematuhi kesepakatan nuklir 2015 itu setelah mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald trump pada 2018 menarik 'Negeri Paman Sam' dari kesepakatan itu dengan alasan Teheran mendukung militan di kawasna yang mengincar kepentingan AS dan Arab Saudi. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT