10 October 2021, 07:34 WIB

Israel Serang Pangkalan Udara Suriah, Dua Tewas


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Jalaa Marey.
 AFP/Jalaa Marey.
Tentara Israel ikut serta dalam latihan militer di dekat perbatasan dengan Suriah di Dataran Tinggi Golan yang dicaplok Israel.

SERANGAN rudal Israel di pangkalan udara, Suriah tengah, telah menewaskan dua pejuang asing sekutu Damaskus dan melukai beberapa personel layanan Suriah. Ini diungkapkan pemantau perang yang berbasis di Inggris, Sabtu (9/10).

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan kedua orang asing itu tewas dalam serangan di pangkalan udara T4, Jumat (8/10) malam, tetapi kewarganegaraan mereka tidak segera jelas. Kantor berita resmi Suriah SANA sebelumnya mengatakan bahwa sekitar pukul 21.00 (waktu setempat), musuh Israel menembakkan peluru kendali ke arah bandara militer T4.

"Agresi itu melukai enam tentara dan menyebabkan beberapa kerusakan material," tambahnya. Observatorium mengatakan serangan itu menargetkan tempat pesawat tak berawak di pangkalan itu.

Dihubungi oleh AFP, seorang juru bicara militer Israel mengatakan pihaknya tidak mengomentari laporan media asing. Sejak pecahnya perang saudara Suriah pada 2011, Israel secara rutin melakukan serangan udara di dalam wilayah Suriah. 

Baca juga: Pemukim Yahudi Serang Petani Palestina saat Panen Zaitun

Sebagian besar serangan Israel menargetkan pasukan Hizbullah Libanon didukung Iran yang bersekutu dengan rezim Damaskus serta pasukan pemerintah Suriah. Tentara Israel jarang mengakui serangan individu tetapi telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak akan membiarkan Suriah menjadi benteng musuh bebuyutannya, Iran. (OL-14)

BERITA TERKAIT