04 October 2021, 10:01 WIB

Kartunis yang Gambar Kartun Nabi Muhammad Tewas Akibat Kecelakaan


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Francois Campredon
 AFP/Francois Campredon
Kartunis yang menggambar kartun Nabi Muhammad Lars Vilks

KARTUNIS Swedia Lars Vilks, yang selama ini berada di bawah perlindungan polisi, setelah pada 2007 mendapat ancaman dibunuh karena menggambar kartun Nabi Muhammad, meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas, Minggu (3/10).

Pria berusia 75 tahun itu bersama dua petugas polisi tewas setelah mobil mereka menabrak sebuah truk dari arah berlawanan.

"Insiden ini diselidiki layak kecelakaan lalu lintas lainnya. Karena ada dua polisi yang tewas dalam insiden ini, penyelidikan ini diserahkan ke unit khusus kantor kejaksaan," ujar seorang juru bicara kepolisin Swedia.

Baca juga: Delapan Orang Tewas di India Pasca-Bentrokan Aksi Protes Petani

Kecelakaan itu terjadi di dekat Kota Markaryd, tempat mobil Vilks menabwak sebuah truk. Kedua kendaraan itu terbakar dan pengemudi truk kini dirawat di rumah sakit.

Dalam sebuah pernyataan resmi, kepolisian Swedia mengaku belum mengetahui penyebab kecelakaan itu.

"Orang yang tengah kami kawal dan dua rekan kami meninggal dunia dalam kecelakaan yang menyedihkan," ujar kepala polisi wilauah Carina Persson.

Vilks telah berada dalam kawalan polisi sejak 2007 karena menggambar kartun Nabi Muhammad berbadan anjing.

Ulah Vilks itu memancing kemarahan umat Muslim dunia. Kelompok Al-Qaeda menawarkan hadiah US$100 ribu bagi yang bisa membunuh Vilks.

Pada 2015, Vilks selamat dari sebuah serangan bersenjata di sebuah konferensi kebebasan berpendapat di Kopenhagen, yang menwaskan seorang sutradara film Denmark. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT