30 September 2021, 09:00 WIB

Saudari Kim Jong Un Dapat Posisi Penting di Pemerintahan Korut


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/JORGE SILVA
 AFP/JORGE SILVA
Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong

SAUDARI pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Kim Yo Jong, dilantik sebagai bagian dari sebuah badan papan atas pemerintahan 'Negeri Juche' itu. Hal itu dilansir kantor berita KCNA, Kamis (30/9).

Kim Yo Jong, yang merupakan penasehat kakaknya, dipromosikan ke Komisi Urusan Negara, seiring serangkaian perubahan yang dilakukan Majelis Tinggi Rakyat, parlemen Korut.

Setidaknya sembilan anggota komisi itu dipecat, termasuk mantan wakil presiden Korut Park Pong Ju dan diplomat Choe Son Hui, seorang pejabat perempuan senior yang berperan dalam negosiasi dengan Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Korea Utara Lakukan Uji Coba Rudal Hipersonik

Surat kabar Rodong Sinmun menampilkan foto delapan anggota baru Komisi urusan Negara, Kamis (30/9)m dan Kim Yo Jong terlihat menonjol karena merupakan yang termuda dan satu-satunya perempuan.

Kim Yo Jong kerap terlihat mendampingi kakaknya, yang sama-sama menempuh pendidikan di Swiss, termasuk di KTT dengan mantan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.

Posisi politik Kim Yo Jong telah lama menjadi subyek spekulasi dengan dia disebut sebagai calon pengganti Kim Jong Un, yang akan membuat dia menjadi pemimpin perempuan pertama negara itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT