28 September 2021, 08:25 WIB

Di PBB, Korea Utara Tegaskan Punya Hak Menguji Senjata


Nur Aivanni | Internasional

AFP
 AFP
Duta Besar Korea Utara untuk PBB, Kim Song

DUTA Besar Korea Utara untuk PBB, Kim Song mengatakan kepada Majelis Umum bahwa tidak ada yang bisa menyangkal, hak negara bersenjata nuklir itu untuk menguji senjatanya.

Pernyataan Kim Song  di markas besar badan dunia di New York itu disampaikan hanya beberapa saat setelah militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah menembakkan "proyektil tak dikenal" ke laut lepas pantai timurnya.

"Tidak ada yang bisa menyangkal hak membela diri bagi DPRK untuk mengembangkan, menguji, memproduksi dan memiliki sistem senjata yang setara dengan yang dimiliki atau dikembangkan oleh mereka," kata Kim, Senin (27/9)  yang merujuk pada Korea Selatan dan Amerika Serikat.

"Kami hanya membangun pertahanan nasional kami untuk membela diri dan menjaga keamanan dan perdamaian negara dengan andal," tambahnya.

Pyongyang berada di bawah serangkaian sanksi internasional atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya yang dilarang.

Korea Utara telah melakukan beberapa uji coba rudal bulan ini, satu melibatkan rudal jelajah jarak jauh dan satu lagi dengan rudal balistik jarak pendek, menurut militer Korea Selatan.

Sementara itu, Seoul baru-baru ini berhasil menguji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam untuk pertama kalinya. Itu menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu dari segelintir negara dengan teknologi canggih. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Korut Tembakkan Proyektil tidak Dikenal

BERITA TERKAIT