21 September 2021, 21:33 WIB

Bendera Palestina Berkibar Pertama Kali di Parlemen Denmark


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Abbas Momani.
 AFP/Abbas Momani.
Bendera Palestina.

EKSPATRIAT Palestina di Denmark, kemarin, merayakan Hari Bendera Palestina dengan mengibarkan bendera negara itu di tiang depan parlemen Denmark di ibu kota Denmark, Kopenhagen. Ini merupakan inisiatif pertama di negara itu sebagaimana dikutip dari Wafa sebagai kantor berita Otoritas Nasional Palestina.

Acara itu diselenggarakan oleh Forum Komunitas Palestina di Denmark dan House 48, dengan dihadiri oleh Duta Besar Negara Palestina untuk Denmark Manuel Hassassian, anggota Parlemen Denmark Sikander Siddik, Ketua Independent Green Party dan pemimpin redaksi Palestina Orienting, Ole Olsen, selain anggota komunitas Palestina, Arab, dan Islam.

Pembicara pada acara tersebut, saat bendera Palestina dikibarkan di luar gedung parlemen, menekankan hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan pembentukan negara merdeka mereka dengan Jerusalem sebagai ibu kotanya.

Mereka meminta pemerintah Denmark untuk mengakui negara Palestina dan bertindak untuk menghentikan praktik kriminal pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina. Mereka juga menekankan hak para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel atas kebebasan. 

Baca juga: Israel Tangkap kembali Dua Buronan Palestina yang Terakhir

Warga Palestina di seluruh dunia memperingati Hari Bendera pada 30 September setiap tahun. Ini menandai hari ketika Presiden Mahmoud Abbas mengibarkannya untuk pertama kali di markas besar PBB di New York pada 2015 di samping bendera negara-negara anggota, setelah pidato yang dia sampaikan sebelumnya di Majelis Umum PBB. (OL-14)

BERITA TERKAIT