16 September 2021, 09:21 WIB

Korsel Uji Coba Tembakkan Rudal Balistik dari Kapal Selam


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Handout / South Korean Defence Ministry
 AFP/Handout / South Korean Defence Ministry
Uji coba rudal balistik yanag ditembakkan dari kapal selam Korea Selatan.

KOREA Selatan (Korsel), Rabu (15/9), sukses melakukan uji coba meluncurkan rudal balistik dari kapal selam untuk menjadi negara ketujuh di dunia yang memiliki teknologi canggih itu.

Uji coba, yang disaksikan langsung oleh Presiden Moon Jae-in, berlangsung beberapa jam setelah Korea Utara 9Korut) menembakkan dua rudal balistik ke laut, yang memicu AS menyebut aksi Pyongyang itu sebagai ancaman bagi negara-negara tetangga 'Negeri Juche' itu.

Uji coba kali ini adalah perkembangan strategis bagi Seoul. Korsel memang tengah meningkapkan kemampuan militer itu untuk menghadapi ancaman Korut, yang terus mengabaikan sanksi internasional karena kepemilikan senjata nuklir dan pengembangan rudal balistik.

Baca juga: Korut Uji Coba Sistem Rudal Baru Dari Kereta Api

"Sangat luar biasa melihat dua Korea melakukan uji coba rudal balistik di hari yang sama," ujar dosen Universitas Yonsei John Delury.

"Hal itu membuktikan adanya adu kekuatan persenjataan di kawasan dan semua pihak harus dengan seksama mengamatinya," lanjutnya.

Uji coba rudal Korsel itu ditembakkan dari kapal selam baru mereka, Ahn Chang-ho dan terbang sesuai rencana menghantam sasarannya.

"Dengan suksesnya uji coba ini, Korsel kini memiliki pertahanan yang memdai untuk menghadapi provokasi dari Korut," tegas Moon. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT