07 August 2021, 14:24 WIB

AS Desak Libanon Cegah Serangan Hizbullah ke Israel


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Jalaa Marey.
 AFP/Jalaa Marey.
Israel menembak ke arah Libanon dari posisi dekat kota Kiryat Shmona, Israel utara, menyusul tembakan roket dari perbatasan Libanon.

AMERIKA Serikat pada Jumat (6/8) mendesak pemerintah Libanon untuk mencegah gerilyawan Hizbullah menembakkan roket ke Israel. Itu dilakukan AS ketika ketegangan antara kedua musuh lama meningkat.

"Kami mendesak pemerintah Libanon untuk segera mencegah serangan semacam itu dan membawa daerah itu di bawah kendalinya," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

"Kami sangat mendorong semua upaya untuk menjaga ketenangan."

Hizbullah, kelompok gerakan Syiah yang didukung oleh Iran, telah lama memainkan peran yang kuat di Libanon. Negeri itu tengah dilanda krisis ekonomi dan hanya memiliki pemerintahan sementara selama hampir satu tahun.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya mengutuk keras tembakan roket yang ditembakkan oleh Hizbullah ke Israel. Negeri Yahudi itu pun merespons dengan serangan udara pertamanya ke tetangga utaranya tersebut dalam tujuh tahun terakhir.

Baca juga: Temui Presiden Iran, Hamas Sampaikan Perkembangan Terkini Palestina

Amerika Serikat merupakan pendukung internasional terkemuka Israel. Sebelumnya negeri Paman Sam itu mengatakan bahwa negara Yahudi memiliki hak untuk membela diri. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT