05 August 2021, 14:07 WIB

Sebagai Balasan, Israel Serang Tempat Peluncuran Roket di Libanon


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Mahmoud Zayyat.
 AFP/Mahmoud Zayyat.
Gadis-gadis Libanon di kota Ibl Al-Saqi, Lebanon selatan, saat asap mengepul akibat serangan oleh pasukan Israel, Rabu (4/8).

PESAWAT Israel menyerang suatu tempat di Libanon selatan, Kamis (5/8) pagi, yang disebut pihak militernya sebagai lokasi peluncuran roket. Serangan itu merupakan balasan atas tembakan proyektil ke Israel dari wilayah Libanon sebelumnya.

Dua roket yang diluncurkan dari Libanon pada Rabu (4/8) menghantam Israel yang dibalas dengan tembakan artileri. Ketegangan meningkat di kawasan itu menyusul serangan terhadap kapal tanker minyak Israel di Teluk yang diduga dilakukan oleh Iran pekan lalu. 

Tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan roket yang diluncurkan dari wilayah selatan Libanon yang berada di bawah kekuasaan gerilyawan Hizbullah didukung Iran. Namun, tidak ada korban jiwa dalam serangan roket itu.

Baca juga: NATO Kutuk Serangan terhadap Kapal Tanker Israel dan Peringatkan Iran

Merespons lebih lanjut tembakan roket itu, militer Israel pada Kamis mengatakan bahwa jet tempurnya menyerang situs peluncuran dan infrastruktur yang digunakan untuk teror di Libanon asal roket diluncurkan. Militer Israel menyebutkan pesawat tempur mereka juga menyerang sasaran lain di daerah yang menjadi sumber tembakan roket di waktu-waktu sebelumnya.

TV Al-Manar Hizbullah mengatakan bahwa pesawat-pesawat tempur Israel telah melakukan dua serangan di pinggiran kota Mahmudiya di Libanon, sekitar 12 kilometer dari perbatasan Israel. Perbatasan itu sebagian besar sepi sejak Israel berperang pada 2006 melawan Hizbullah yang memiliki roket canggih. 

Baca juga: Konferensi Donor untuk Libanon Lampaui Target Bantuan

Namun, faksi-faksi kecil Palestina di Lebanon telah menembak secara sporadis ke Israel pada masa lalu, termasuk dua roket yang diluncurkan ke Israel pada Juli. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT