25 July 2021, 15:55 WIB

Yordania Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak


Nur Aivanni | Internasional

AFP
 AFP
Petugas medis mengambil suntikan vaksin covid-19 untuk warga di Mafraq, Yordania.

KEMENTERIAN Kesehatan Yordania mengumumkan vaksinasi covid-19 bisa dilakukan untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas.

Dalam sebuah pernyataan di akun resmi Facebook, otoritas Yordania telah menurunkan usia penerima vaksin covid-19 menjadi 12 tahun. Kebijakan itu berlaku mulai Minggu waktu setempat, tanpa memerlukan janji.

"Vaksinasi bersifat opsional. Mereka yang berusia di bawah 18 tahun dapat menerima vaksin Pfizer-BioNTech dengan persetujuan wali," bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Biden Kembali Desak Warga AS agar Divaksin Covid-19

Yordania, negara berpenduduk 10 juta orang, mencatat lebih dari 763.900 kasus covid-19. Termasuk, lebih dari 9.900 kasus kematian sejak covid-19 mewabah.

Sekitar 1,9 juta orang telah sepenuhnya diinokulasi terhadap covid-19. Sementara itu, 2,7 juta orang telah menerima dosis vaksin covid-19 tahap pertama.

Amerika Serikat, Kanada dan Uni Eropa telah mengesahkan vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak berusia 12 tahun ke atas. Pemerintah Yordania telah menyelesaikan beberapa kesepakatan untuk mendapatkan sekitar 12 juta dosis vaksin covid-19. Serta, berencana memesan 5 juta dosis tambahan.

Baca juga: Australia Setujui Vaksin Pfizer Covid-19 untuk Anak 12-15 Tahun

Akhir pekan lalu, Yordania menerima setengah juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech dari Washington. Otoritas berwenang pun mendorong penduduk untuk divaksin covid-19. Berikut, menerapkan tindakan pembatasan atau hukuman di masa pandemi.

Beberapa langkah termasuk mewajibkan pegawai sektor publik yang tidak divaksin atau divaksinasi sebagian, untuk menunjukkan hasil tes negatif covid-19 sebanyak dua kali dalam seminggu.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT