25 July 2021, 14:35 WIB

Afghanistan Terapkan Jam Malam untuk Batasi Gerakan Taliban


Nur Aivanni | Internasional

AFP
 AFP
Petugas keamanan mengecek kendaraan yang melintas di wilayah Herat, Afghanistan.

OTORITAS Afghanistan memberlakukan kebijakan jam malam di 31 provinsi dari total 34 provinsi. Langkah itu bertujuan mengekang gelombang kekerasan yang dipicu serangan Taliban dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan bahwa untuk mengekang kekerasan dan membatasi gerakan Taliban, jam malam diberlakukan di 31 provinsi. Namun, kebijakan itu tidak berlaku di wilayah Kabul, Panjshir dan Nangarhar.

Adapun kebijakan jam malam efektif berlaku pukul 22.00 dan 04.00 waktu setempat. Hal itu diungkapkan Wakil Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Ahmad Zia Zia dalam sebuah pernyataan audio terpisah kepada wartawan.

Baca juga: Roket Serang Istana Presiden Afghanistan Saat Salat Iduladha

Sejak awal Mei, Taliban telah melancarkan serangan luas di seluruh wilayah Afghanistan. Para pemberontak berusaha merebut daerah perbatasan, puluhan distrik dan mengepung beberapa wilayah di ibu kota provinsi.

Dengan berakhirnya penarikan pasukan asing Amerika Serikat, Taliban yang diketahui bangkit kembali sudah menguasai sekitar setengah dari sekitar 400 distrik di Afghanistan.(StraitsTimes/OL-11)

 

BERITA TERKAIT