21 July 2021, 08:52 WIB

Panda yang Dipinjamkan Tiongkok ke Prancis Hamil Lagi


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Guillaume SOUVANT
 AFP/Guillaume SOUVANT
Panda betina yang dipinjamkan Tiongkok ke Prancis, Huan Huan

HUAN Huan, panda betina yang dipinjamkan Tiongkok ke Prancis, sejak 2012, hamil lagi dan berpeluang kembali menghadirkan bayi panda di 'Negeri Mode' itu. Hal itu diungkapkan Kebun Binatang Beauval, Selasa (20/7).

"Pemeriksaan ultrasound, beberapa jam lalu, mengonfirmasi keberadaan janin panda," ujar juru bicara kebun binatang itu sembari menambahkan kelahiran bayi panda itu kemungkinan terjadi pada akhir bulan ini atau awal Agustus.

Reproduksi panda, baik di penangkaran maupun alam liar, terkenal sulit karena panda betina hanya mengalami masa berahi sekali setahun dan hanya berdurasi sekitar 48 jam.

Baca juga: Banjir di Zhengzhou Tiongkok Akibatkan 12 Orang Meninggal

Huan Huan dan pasangannya, Yuan Zi, membuat gembira pengelola kebun binatang pada Maret saat mereka melakukan 'kontak', sebanyak delapan kali selama akhir pekan.

Dokter hewan juga melakukan inseminasi buatan kepada Huan Huan.

Bayi pertama Huan Huan, Yuan Meng, lahir pada 2017, berkat teknik inseminasi buatan. Yuan Meng merupakan panda pertama yang lahir di Prancis.

Kini telah berukuran sama dengan ibunya, Yuan Meng telah dipulangkan ke Tiongkok tempat 2 ribu panda hidup di alam liar dan sekitar 500 lainnya hidup di penangkaran.

Jumlah panda di dunia telah naik sejak binatang itu dinyatakan sebagai hewan terancam punah pada 1980-an berkat upaya melindungi hewan itu dan habitatnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT