06 July 2021, 12:56 WIB

Suhu Panas Melanda Negara Nordik


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

Christine OLSSON / TT NEWS AGENCY / AFP
 Christine OLSSON / TT NEWS AGENCY / AFP
Aktivis Greta Thunberg dan aktivis lainnya berunjuk rasa soal perubahan iklim di depan Gedung Parlemen, Stockholm, Swedia, Jumat (3/7) lalu.

AHLI meteorologi di seluruh negara Nordik telah mencatat suhu mendekati rekor selama akhir pekan, termasuk tertinggi 34 derajat Celcius di beberapa tempat.

Angka-angka terbaru muncul setelah lembaga meteorologi nasional Finlandia melaporkan suhu terpanas untuk Juni sejak pencatatan yang dimulai tahun 1844.

Kevo, di ujung utara Finlandia, mencatat suhu 33,5 derajat C pada hari Minggu, terpanas sejak 1914 ketika pihak berwenang mencatat 34,7 derajat C, kata agen berita STT.

Beberapa bagian Swedia juga melaporkan rekor tertinggi untuk bulan lalu.

"Juni 2021 adalah Juni terpanas yang pernah tercatat di kampung halaman saya Stockholm dengan selisih yang besar," cuit juru kampanye iklim Greta Thunberg.

"Juni terpanas kedua pada tahun 2020. Yang ketiga pada 2019.” "Apakah saya merasakan suatu pola di sini? Nah, mungkin hanya kebetulan lain,” imbuhnya.

Di tingkat nasional, Juni 2021 adalah yang terpanas ketiga yang pernah tercatat di Swedia. Dan lembaga meteorologi Norwegia mencatat suhu 34 derajat C di Saltdal, sebuah daerah dekat Lingkaran Kutub.

Itu adalah suhu tertinggi yang diukur di negara itu tahun ini, dan hanya 1,6 derajat C lebih rendah dari rekor sepanjang masa Norwegia. Beberapa bagian dunia telah mengalami gelombang panas yang menghancurkan tahun ini.

Kanada sedang berjuang melawan serangkaian kebakaran hutan di provinsi barat British Columbia setelah terik di bawah suhu hingga 49,6 derajat C, rekor nasional baru. Pada hari Kamis, PBB mengkonfirmasi rekor suhu tinggi baru untuk benua Antartika yang diukur tahun lalu sebesar 18,3 derajat C. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

BERITA TERKAIT