04 June 2021, 10:05 WIB

Virgin Galactic akan Kirim Tiktoker ke Luar Angkasa


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Steve BOXALL
 AFP/Steve BOXALL
Ilmuwan yang juga Tiktoker Kellie Gerardi mengalami kondisi gravitasi nol.

PERUSAHAAN turisme luar angkasa, Virgin Galactic, Kamis (3/6), mengumumkan akan mengirimkan Tiktoker Kellie Gerardi, yang juga seorang ilmuwan, ke luar angkasa untuk melakukan sejumlah penelitian dalam kondisi gravitasi nol selama beberapa menit.

Langkah itu menjadi kesempatan bagi Virgin Galactic untuk mempromosikan bahwa ambisi mereka bukan hanya mengirimkan wisatawan kaya ke luar angkasa dengan biaya US$200 ribu atau lebih namun juga melakukan penelitian.

Ilmuwan bioastronotik berusia 32 tahun, yang berafliasi dengan Institut Internasional Ilmu Astronotik (IIAS) itu mengatakan dia yakin kesuksesan turisme luar angkasa juga akan membantu para peneliti.

Baca juga: SpaceX Bawa Cumi-Cumi ke ISS

Penelitian pertama yang akan dilakukan Gerardi, yang memiliki lebih dari 400 ribu follower di Tiktok dan sekitar 130 ribu di Instagram, akan melibatkan astro skin, sensor yang diletakkan di bawah baju terbangnya untuk mengumpulkan data biometrik.

Meski penelitian serupa telah dilakukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), tapi tidak pernah dilakukan saat proses lepas landas dan mendarat.

Virgin Galactic, yang didirikan oleh miliarder Inggris Richard Branson, berharap melakukan penerbangan komersial reguler ke ketinggian suborbital paa awal 2022 dengan rencana 400 perjalanan dalam setahun. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT