14 May 2021, 07:52 WIB

Israel Minta PBB Kecam Serangan Roket dari Gaza


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/MOHAMMED ABED
 AFP/MOHAMMED ABED
Tembakan roket mewarnai langit malam setelah ditembakkan dari Beit Lahia, Jalur Gaza, ke arah Israel.

ISRAEL, Kamis (13/5), meminta PBB mengecam serangan roket dari Jalur Gaza terhadap 'Negeri Yahudi' itu.

Permintaan kepada Dewan Keamanan dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres itu diungkapkan Israel lewat surat yang dikeluarkan sehari setelah Palestina meminta Israel berhenti menyerang mereka, saat kedua negara mengalami peningkatan ketegangan.

"Saya meminta komunitas internasional secara bulat mengecam serangan oleh kelompok teroris di Jaluar Gaza terhadap warga sipil Israel serta mendukung hak Israel untuk membela diri," kata Duta Besar Israel untuk PBB dan Amerika Serikat (AS) Gilad Erdan.

Baca juga: Pertemuan DK PBB Soal Israel-Palestina akan Digelar Minggu (16/5)

"Israel tidak ingin meningkatkan keregangan. Namun, Israel memiliki hak dan tugas membela warga dan kedaulatan mereka," imbuhnya.

Pada Rabu (12/5), Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour, dalam surat, meminta PBB dan dunia internasional harus bertindak segera menuntut Israel menghentikan serangan mereka terhadap warga sipil Palestina.

Dia juga meminta Israel untuk menghentikan rencana menggusur secara paksa dan membersihkan etnik Palestina dari Jerusalem. Hal itu merupakan salah satu penyebab meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT