22 April 2021, 08:06 WIB

AS Beri Iran Contoh Sanksi yang Siap Dicabut


Nur Aivanni | Internasional

medcom.id
 medcom.id
Ilustrasi nuklir

AMERIKA Serikat berbagi rincian sanksi yang disiapkan akan dicabut di bawa kesepakatan nuklir dengan Iran. Kedua negara itu sedang mengambil jeda kedua dari pembicaraan tidak langsung di Wina tentang memulihkan perjanjian nuklir 2015.

"Kali ini, kami telah membahas lebih detail," kata seorang pejabat senior AS tentang pembicaraan terakhir yang dipimpin Uni Eropa.

"Kami telah memberi Iran sejumlah contoh jenis sanksi yang kami yakin perlu kami cabut untuk kembali ke kepatuhan dan sanksi yang kami yakin tidak perlu dicabut," imbuhnya.

Pejabat itu mengatakan Amerika Serikat juga menggambarkan kategori ketiga dari "kasus sulit" di mana Trump menerapkan kembali sanksi yang tidak terkait dengan aktivitas nuklir tetapi murni untuk tujuan mencegah Biden memasuki kembali kesepakatan tersebut.

Baca juga: Pascasabotase Pusat Nuklirnya, Iran Naikkan Kemurnian Uranium 60%

Iran mendesak Amerika Serikat untuk mencabut semua sanksi yang dijatuhkan oleh Trump, sebelum membatalkan langkah-langkah yang diambil Teheran dari kesepakatan 2015 sebagai bentuk protes.

Pejabat itu menolak untuk mengonfirmasi laporan Wall Street Journal bahwa pemerintahan Biden telah menyuarakan kesediaan untuk meringankan sanksi pada sektor keuangan dan minyak Iran.

Presiden Iran Hassan Rouhani sebelumnya menyuarakan optimisme, dengan mengatakan bahwa negosiasi tersebut telah membuat kemajuan 60-70%.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT