19 April 2021, 10:59 WIB

Jurnalis Fevzi Yazici Terima SND Awards of Excellence


Nur Aivanni | Internasional

Foto/stockholmcf.org
 Foto/stockholmcf.org
Mantan Direktur Desain surat kabar Zaman, Fevzi Yazici, memenangi Awards of Excellence. 

JURNALIS yang pernah dipenjara, Fevzi Yazici, memenangi Awards of Excellence dari Kompetisi Kreatif Desain Berita Cetak Terbaik ke-42 dari Society for News Design.

Karya seni Yazici dari sel penjaranya di Turki ditampilkan di tiga halaman terbentang yang berjudul "Art of Darkness" yang diterbitkan di The Washington Post pada Mei 2021.

Yazici, mantan Direktur Desain surat kabar Zaman, dipenjara pada tahun 2016 sebagai bagian dari tindakan keras terhadap kebebasan berbicara di Turki.

Yazici mengajukan banding atas hukumannya yang dijatuhi hukuman 11 tahun 3 bulan penjara. Dia adalah satu dari lebih dari 200 jurnalis yang dipenjara di seluruh dunia.

Karya Yazici tersebut menampilkan beberapa ilustrasinya yang digambar di selnya yang remang-remang. Gambar utama - Arrest Socrates - dibintiki menggunakan pulpen biasa.

"Gambar ini mengatakan bahwa pikiran tidak bisa dipenjara. Karena, jika Anda mencoba memenjarakan pikiran, ide berubah dari cahaya menjadi prisma dan mulai bersinar," kata Yazici tentang gambar itu.

Hari Minggu menandai hari ke-1.216-nya di sel isolasi. (SND/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT