11 January 2021, 09:44 WIB

Listrik Kembali Pulih di Pakistan


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Farooq NAEEM
 AFP/Farooq NAEEM
Warga berkumpul di depan sebuah toko saat pemadaman listrik di Rawalpindi, Pakistan.

LISTRIK kembali pulih di berbagai penjuru Pakistan, Minggu (10/1), setelah negara itu mengalami pemadaman listrik massal.

Sistem distribusi listrik di negara berpenduduk 210 juta jiwa itu snagat kompleks dan rumit sehingga masalah pada satu bagian bisa menyebabkan pemadaman listrik secara nasional.

Pemadaman listrik teranyar, yang berlangsung selama 18 jam di mayoritas wilayah, disebabkan oleh masalah di wilayah selatan negara itu pada Sabtu (9/1) pukul 23.41 yang menggaggu sistem kelistrikan dan menyebabkan sebuah pembangkit tenaga listrik berhenti beroperasi. Hal itu dikatakan Menteri Energi Pakistan Omar Ayub Khan di Islamabad.

Baca juga: Yordania Kecam Pelanggaran Terbaru Israel di Masjid Al-Aqsa

Tim ahli tengah menyelidiki masalah pasti yang menyebabkan pemadaman listrik itu serta lokasi pasti masalah yang menyebabkan hal itu.

Seorang juru bicara Perusahaan Transmisi dan Listrik Nasional (NTDC) mengatakan gardu listrik 500KV dan 200KV telah mulai kembali menyalurkan listrik dan listrik telah kembali menyala di berbagai penjuru negara.

Anekdot dan memes membanjiri Twitter, Facebook, dan WhatsApp, mayoritas mengejek pemerintahan Perdana Menteri Imran Khan terkait pemadaman listrik itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT