25 September 2023, 17:17 WIB

7 Pilihan Aplikasi Tes Kehamilan


Joan Imanuella | Humaniora

Ist
 Ist
Aplikasi tes kehamilan di HP

ADA banyak aplikasi yang dapat membantu ibu hamil memantau perkembangan kehamilan mereka dan mendapatkan informasi yang berguna sepanjang kehamilan. Tidak hanya itu, Ibu juga dapat mengetes kehamilan melalui sentuhan tangan di handphone.

Menggunakan ponsel untuk memeriksa tanda-tanda dan gejala awal kehamilan melalui aplikasi adalah metode yang memungkinkan untuk menentukan apakah sedang hamil. Meskipun tidak seakurat menggunakan tes kehamilan (test pack), metode ini memungkinkan kita untuk dengan cepat mendapatkan perkiraan tentang kemungkinan kehamilan dengan memperhatikan:

- Tanda-tanda awal kehamilan
- Siklus menstruasi dan masa subur

Baca juga: Kenali Cara Kendalikan Autoimun untuk Melancarkan Program Kehamilan

Pendekatan ini sangat berguna terutama bagi wanita yang memiliki jadwal yang padat. Hal ini karena terkadang ibu hamil lupa atau kesulitan mengingat tanggal hari pertama menstruasi terakhir ketika ditanya oleh dokter atau bidan selama pemeriksaan kehamilan di fasilitas kesehatan.

Namun, informasi ini penting untuk menentukan perkiraan usia kehamilan. Oleh karena itu, mencatat siklus menstruasi melalui aplikasi dapat memudahkan pemantauan masa subur dan perkiraan usia kehamilan jika hasilnya adalah kehamilan.

Baca juga: Stunting Bisa Dicegah Sejak Kehamilan dan MPASI

Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi berikut:

- Panduan persiapan kehamilan
- Kalender siklus menstruasi
- Penandaan tanggal hari pertama menstruasi terakhir
- Perkiraan usia kehamilan
- Pemeriksaan tanda dan gejala awal kehamilan
- Informasi tentang pemeriksaan selama kehamilan
- Saran nutrisi selama kehamilan
- Informasi tentang kesehatan selama kehamilan
- Perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai dengan usia kehamilan
- Vitamin kehamilan yang direkomendasikan.

Aplikasi Tes Kehamilan

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan:

1. Pregnancy +

Aplikasi Pregnancy + adalah salah satu aplikasi tes kehamilan online terkemuka yang telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan tes kehamilan dengan sidik jari tetapi juga berbagai informasi seputar tanda-tanda kehamilan. Selain itu, terdapat fitur tambahan seperti buku harian kehamilan, log kehamilan, dokumen kunjungan, waktu olahraga, catatan diet, dan kontraksi timer. Namun, disarankan untuk segera memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan untuk hasil yang lebih akurat.

2. I'm Pregnant - Pregnancy Week By Week

Aplikasi I'm Pregnant - Pregnancy Week By Week memfokuskan pengguna pada pertanyaan yang akan membantu menentukan kehamilan. Pengguna perlu menjawab pertanyaan dengan jujur untuk mendapatkan hasil yang akurat. Aplikasi ini juga memberikan fleksibilitas dalam cara mengetahui kehamilan sesuai dengan preferensi pengguna.

3. AMMA Pregnancy Tracker: Baby Due Date Calculator

Mirip dengan aplikasi I'm Pregnant, AMMA Pregnancy Tracker meminta pengguna menjawab pertanyaan tertentu yang akan menentukan status kehamilan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan tes kapan saja dan di mana saja. Selain tes kehamilan, AMMA Pregnancy Tracker juga menyediakan informasi penting seputar kehamilan.

4. Pregnancy App & Baby Tracker

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai tes kehamilan dengan sidik jari, tetapi juga memberikan informasi seputar kehamilan, gejala kehamilan, ovulasi, tabel perkembangan janin, dan kalkulasi kehamilan. Aplikasi ini juga memberikan tips tentang program olahraga selama kehamilan dan rekomendasi nutrisi sesuai dengan trimester kehamilan.

5. Pregnancy Tracker & Baby App

Aplikasi ini menawarkan tampilan yang menarik dengan palet warna yang unik. Selain tes kehamilan, Moms dapat menemukan berbagai informasi penting tentang kehamilan. Aplikasi ini juga memiliki komunitas di mana pengguna dapat berbagi pendapat.

6. Momly: Panduan Ibu Hamil, Pantau Kehamilan (ID)

Momly adalah aplikasi tes kehamilan dengan sidik jari yang memiliki fitur-fitur yang berguna bagi ibu hamil. Pengguna harus menjawab sejumlah pertanyaan terkait tanda-tanda kehamilan untuk menentukan kondisi kehamilan. Setelah itu, aplikasi ini tetap berguna untuk memberikan informasi tentang kehamilan dengan mudah.

7. Hallo Belly: Pregnancy Tracker

Aplikasi ini memiliki tampilan unik yang menampilkan tips kehamilan dengan ilustrasi. Selain itu, terdapat pelacak perkembangan janin dalam perut dengan tampilan yang menarik. Aplikasi ini dapat memuaskan hasrat visual tentang perkembangan janin dalam kandungan.

Namun, sebaiknya tetap konsultasikan hasil tes kehamilan dengan dokter kandungan untuk memastikan kehamilan dengan akurat. (Z-10)

BERITA TERKAIT