21 September 2023, 15:19 WIB

817 Koleksi Museum Nasional Rusak akibat Kebakaran


Dinda Shabrina | Humaniora

ANTARA/WAHYU PUTRO A
 ANTARA/WAHYU PUTRO A
Petugas berjalan di samping patung gajah hadiah dari Raja Chulalongkorn di Museum Nasional Jakarta, Senin (18/9).

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau langsung Museum Nasional atau Museum Gajah setelah terjadi kebakaran, pada Kamis (21/9).

Kebakaran tersebut mengakibatkan 817 koleksi yang sedang dipamerkan di enam ruangan menjadi terdampak.

Muhadjir mengatakan ratusan koleksi bersejarah tersebut kini sedang diidentifikasi dan dibersihkan untuk dilakukan tahapan penanganan konservasi awal. Muhadjir bersyukur masih terdapat banyak koleksi yang utuh meskipun terkena dampak dari kebakaran itu.

Baca juga: Kebakaran Museum Nasional, DPRD Pertanyakan Alat Deteksi yang Tidak Berfungsi

“Ada 817 koleksi yang terdampak, kerusakannya masih dikaji dan dipelajari, mulai dari yang rusak berat hingga yang terdampak ringan,” ucap Muhadjir.

Muhadjir mengungkap bahwa saat kunjungannya dilakukan masih terdapat garis polisi yang mengitari lokasi kebakaran sehingga dirinya tidak dapat melihat langsung ruangan dan benda yang terdampak.

Namun, ia mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menata ulang museum tersebut.

Baca juga: Polisi Teliti CCTV Museum Nasional Untuk Ketahui Sumber Kebakaran

“Kita upayakan ada revitalisasi, pelestarian, hingga penjagaannya akan disesuaikan dengan standar masa kini dan internasional,” kata Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir juga menyarankan dalam upaya revitalisasi itu harus diupayakan untuk membuat direct connection system antara museum dengan pihak pemadam kebakaran. Hal itu dilakukan agar ketika terjadi kebakaran di museum tidak perlu melakukan panggilan telepon terlebih dahulu, tetapi dapat langsung diketahui dan bergerak cepat. (Dis)

BERITA TERKAIT