14 September 2023, 18:55 WIB

Guru dan Peserta Didik di Pulau Rempang akan Dapatkan Dukungan Psikososial 


Despian Nurhidayat | Humaniora

Antara
 Antara
Sejumlah anggota Brimob Polda Kepri menyisir jalan yang diblokir oleh warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau

PLT Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Anang Ristanto menyatakan bahwa pihaknya turut prihatin terhadap kejadian di Pulau Rempang, Kecamatan Galang, Kota Batam yang juga berimbas ke warga sekolah.

Kemendikbud Ristek juga mengapresiasi tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan masyarakat pada korban khususnya peserta didik di SDN 024 Galang dan SMPN 22 Batam.

“Kemendikbud Ristek akan memberikan dukungan psikososial bagi peserta didik dan guru yang terdampak,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Kamis (14/9).

Baca juga: Kapolri Tambah Personel Amankan Situasi di Rempang Batam

Lebih lanjut, menurutnya melalui Permendikbud Ristek No.46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, Kemendikbud Ristek mengimbau kepada seluruh pihak agar menghindari terjadinya hal-hal yang menjurus kepada kekerasan yang dapat mengakibatkan terganggunya proses pembelajaran pada satuan pendidikan.

“Sebagai tindak lanjut penanganan imbas kejadian di Pulau Rempang, Kemendikbud Ristek juga mengimbau kepada Pemerintah Daerah untuk membentuk tim khusus agar dapat mendampingi korban di SDN 024 Galang dan SMPN 22 Batam, yang diharapkan dapat memfasilitasi keamanan, bantuan pendampingan psikis dan/atau memfasilitasi keberlanjutan hak pendidikan atau pekerjaan Korban dan Saksi,” tegas Anang.

Baca juga: Warga Pulau Rempang Dipaksa Setujui Relokasi, Layanan Faskes dan Sekolah Dihentikan sejak Agustus

Dia menegaskan bahwa kebijakan terkait dengan relokasi sekolah adalah wewenang dari Pemerintah Daerah setempat. Bagi Pemerintah Daerah, apapun kebijakan yang diambil, Kemendikbud Ristek mengimbau dapat tetap menghormati hak guru dan tenaga kependidikan serta tetap berpihak pada peserta didik dengan mempertahankan pembelajaran yang aman, berkualitas dan menyenangkan. (Des/Z-7)

BERITA TERKAIT