08 June 2023, 11:28 WIB

Tanoto Foundation Terima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar


Andhika Prasetyo | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Prosesi pemberian pengharagaan oleh Kemendikbudristek kepada Tanoto Foundation

Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan, menerima Anugerah Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Penghargaan tersebut diberikan atas dukungan Tanoto Foundation terhadap program Kemendikbudristek dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudyaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengungkapkan anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada para pemangku kepentingan yang sudah berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

“Selama tiga tahun terakhir Kemendikbudristek terus menghimpun seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam gerakan Merdeka Belajar. Menjadi pembawa perubahan yang mendorong transformasi dan kemajuan pendidikan Indonesia," ujar Nadiem dalam keterangannya, Rabu (7/6).

Baca juga: Reza Rahadian Jadi Pengajar dalam Program Praktisi Mengajar di UNJ

Menurutnya, setiap penerima penghargaan juga telah mengalami seleksi yang ketat.

“Semua penerima penghargaan dan penerima anugerah telah melalui proses akurasi dengan indikator yang jelas dan ketat,” ucapnya.

Baca juga: Persoalan Anak Putus Sekolah Harus Diatasi Bersama

Senada dengan itu, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti juga mengungkapkan kekagumannya terhadap para penerima penghargaan khususnya kategori mitra dan sosok inspiratif.

"Mereka telah menunjukkan kreativitas, inovasi, dan ketangguhan dalam mengejar cita-citanya. Mereka juga telah berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dan dunia," ungkap Suharti.

Allis Brawijaya yang mewakili Tanoto Foundation menerima penghargaan mengatakan Tanoto Foundation berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Hal ini sesuai dengan keyakinan kami bahwa pendidikan berkualitas mempercepat kesetaraan peluang, dan kolaborasi adalah kunci untuk mencapainya,” sebut Allis.

Program Tanoto Foundation meliputi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, hingga pendidikan tinggi. “Melalui program-program kami, Tanoto Foundation fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia, khususnya melalui pendidikan,” tutup Alis.

Adapun, Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada 1981.
Tiga pilar komitmen Tanoto Foundation adalah memperbaiki lingkungan belajar, mengembangkan pemimpin masa depan, dan memfasilitasi riset medis. (Z-11)

BERITA TERKAIT