12 May 2023, 08:15 WIB

Hari Perawat Sedunia, Yuk Kenali Apa Saja Tugas Perawat


Meilani Teniwut | Humaniora

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Ilustrasi - Apa saja tugas dari perawat, berikut ringkasannya.

Dalam rangka memperingati Hari Perawat Sedunia, yuk kepoin apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang perawat.

Seperti yang kita sadari selama ini saat pasien menjalani rawat inap di rumah sakit, perawat akan selalu datang mengecek kondisi tubuh pasien dan memberikan obat. Kelihatannya sangat perhatian yah perawat ini. Eits tapi, siapa sangka itu adalah tugas dan tanggung jawab mereka loh. Luar biasa bukan?

Berdasarkan UU Republik Indonesia No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan, perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan bersadarkan ilmu yang dimiliki dan diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

Baca juga: Hari Perawat Internasional: Sejarah, Tema, dan Twibbon Perayaannya

Perawat bertugas memberikan pelayanan keperawatan dan bertanggung jawab atas kondisi peningkatan kesehatan, pelayanan bagi pasien serta pencegahan penyakit. Seperti dilansir American Nurses Association, berikut ini adalah beberapa tugas perawat di rumah sakit yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga dan merawat pasien

Baca juga: Mau Jadi Perawat ? Ini Persyaratannya

Seorang perawat bertugas menjaga pasien seperti merawat kebersihan tubuh pasien dan memastikan kondisinya baik. Tak jarang juga perawat bertugas memasang popok pasien. Selain itu, perawat membantu pasien agar dapat makan secara normal, serta mengenakan baju. Dalam merawat pasien, para perawat bekerjasama dengan dokter dan asisten perawat.

2. Memberikan obat sesuai waktu dan takaran

Perawat juga bertugas memberikan obat kepada pasien sesuai dengan kadar dan dosisnya. Terkadang, pasien bandel atau lupa mengonsumsi obat pada waktu yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, salah satu tanggung jawab perawat adalah memastikan pasien makan obat tepat pada waktunya.

3. Menjaga kesehatan pasien

Tugas perawat lainnya adalah menjaga kesehatan pasien sesuai dengan tahapan proses keperawatan, seperti memeriksa tanda vital (tensi, suhu tubuh, tekanan darah), mengecek gula darah dan memasang selang oksigen atau infus. Selain itu, Nursing Times menjelaskan bahwa perawat juga harus selalu memantau dan memberi penilaian atas kondisi pasien yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga, bersama dokter ia dapat membantu mengembangkan rencana perawatan yang sedang berjalan.

4. Memberikan motivasi dan perhatian

Seorang perawat juga harus bisa memberikan motivasi untuk pasien. Hal ini dilakukan dengan memberikan semangat untuk kesembuhan pasien dan juga menghibur pasien untuk mengurangi rasa sakit.

Perawat bertugas menangani sejumlah besar pasien dengan berbagai kondisi, diperlukan kesabaran ekstra. Apalagi ketika menghadapi pasien dimensia. Tidak hanya kesabaran, juga komunikasi yang baik. 

Melihat dari berbagai tugas perawat yang begitu mulia, tak heran bila perawat menjadi profesi yang paling dicintai masyarakat. Di akhir 2017, lembaga survei kelas dunia asal Inggris bernama Ipsos Mori merilis peringkat kepercayaan publik terhadap beberapa profesi di dunia.

Hasil survei yang dikeluarkan pada November 2017 tersebut menyebutkan  profesi perawat menduduki ranking satu yang mendapatkan kepercayaan publik, dengan presentasi sebesar 94%.

Bahkan, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan The Gallup Organization tahun 2015 tentang kejujuran profesi, perawat di Amerika Serikat dinilai sebagai profesi paling terpercaya selama 14 tahun berturut-turut. Sementara itu, di Australia perawat memiliki tingkat kepercayaan tertinggi dengan presentase 95%.

Demikian penjelasan tentang tugas perawat dirumah sakit yang nyatanya membutuhkan keahlian dan kesabaran yang luar biasa. Apalagi kasus covid yang masih tinggi-tinginya. Biasa kebayang bukan, menjadi seorang perawat tidaklah mudah, karena melayani nyawa manusia. Oleh sebab itu jasa para perawat patut diancungi jempol. 

Selamat Hari Perawat Sedunia. (Z-3)

BERITA TERKAIT