12 May 2023, 08:05 WIB

Hari Perawat Internasional: Sejarah, Tema, dan Twibbon Perayaannya


Meilani Teniwut | Humaniora

AFP
 AFP
Ilustrasi - Hari Perawat Internasional

SETIAP tanggal 12 Mei diperingati sebagai hari Perawat Internasional atau International Nurses Day (IND). Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Florence Nightingale, yang merupakan pelopor keperawatan modern.

Hari Perawat Internasional ini dibuat International Council Of Nurses (ICN) sejak 1974. Perayaan itu untuk menandai kontribusi atau peran penting perawat terhadap masyarakat dalam dunia Kesehatan.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Perawat Internasional? dan Tema apakah yang diusung?

Baca juga: Persatuan Perawat Nasional Indonesia Menolak Substansi RUU Kesehatan

Sejarah 

Berbicara perawat tidak lepas dari sosok Florence Nightingale. Siapakah dia? 

Baca juga: Menkes Minta Perbedaan Pendapat RUU Kesehatan Diselesaikan dengan Beradab

Florence Nightagle adalah seorang perawat asal Inggris serta filsuf (ahli) dalam keperawatan modern. Ia lahir pada 12 Mei 1820 dan meninggal pada 13 Agustus 1910. 

Berdasarkan penjejlasan laman Britannica, Florence Nightingale merupakan sosok penting dalam keperawatan pada 1850-an selama Perang Krimea. 

Saat itu Florence Nightingale ditempatkan di Rumah Sakit Barak di Scutari (Üsküdar; sekarang distrik Istanbul). Di mana dia mengepalai sekelompok perawat yang merawat tentara Inggris yang terluka. Ketika pertama kali tiba di rumah sakit, dia dikejutkan akan kondisi fasilitas yang memprihatinkan. 

Secara sigap Nightingale menerapkan standar perawatan yang ketat. Ia  memastikan bangsal tetap bersih, persediaan makanan, dan obat-obatan lengkap. 

Pengalaman Florence Nightingale di Scutari membawanya untuk mengkampanyekan reformasi dalam keperawatan. Pada 1860 Florence Nightingale membuka Sekolah Perawat Nightingale di Rumah Sakit St Thomas di London. Keberhasilan sekolah tersebut mendorong pendirian sekolah pelatihan serupa untuk perawat di tempat lain. Di antaranya sekolah perawat di Sydney Infirmary and Dispensary (sekarang Rumah Sakit Sydney) di Australia tahun 1868. 

Kemudian, pada 1873 dibuka Sekolah Pelatihan Perawat Bellevue di New York. Sekolah perawat tersebut merupakan institusi pertama di Amerika Serikat yang didirikan berdasarkan prinsip-prinsip Nightingale.  

Pada 1888 didirikan sekolah perawat di Fuzhou, Tiongkok oleh perawat Amerika Ella Johnson dan merupakan lembaga pengajaran berbasis Nightingale pertama di negara itu. Sekolah perintis ini memberikan landasan yang subur untuk pertumbuhan dan kemajuan selanjutnya dari profesi keperawatan modern.

Tema 

Dikutip dari ICN, kampanye Hari Perawat Internasional 2023 mengusung tema “Out Nurses, Out Future” yang artinya “Perawat Kita, Masa Depan Kita”. 

Tema itu dipilih agar keperawatan dunia di masa depan dapat mengatasi tantangan kesehatan global dan meningkatkan kesehatan global untuk seluruh masyakarat. Tema tersebut juga dikemas dengan tanda pagar (tagar) #IND2023.

Twibbon 

Sebelum melihat link twibbon, cara menggunakan twibbon sebagai berikut:

  1. Buka salah satu link Twibbon di atas.
  2. Klik menu pilih foto
  3. Masukan foto yang diinginkan, lalu klil Ok.
  4. Atur posisi dan ukuran foto yang dimasukan ke dalam twibbon.
  5. Jika sudah sesuai, klik selesai.
  6. Kemudian klik download untuk mengunduh twibbon yang sudah di beri foto.

1. https://www.twibbonize.com/pramuka61
2. https://www.twibbonize.com/link-idulfitri1444
3. https://www.twibbonize.com/diesuns46
4. https://www.twibbonize.com/nusatuabad1
5. https://www.twibbonize.com/ramadhanpln
6. https://www.twibbonize.com/link-harlahmuslimatnu77
7. https://www.twibbonize.com/harijadikuningan2022
8. https://www.twibbonize.com/link-bidansedunia2023
9. https://www.twibbonize.com/otonomidaerah2023 

(Z-3)

BERITA TERKAIT