24 April 2023, 22:45 WIB

Kenali! Begini Ukuran Lingkar Kepala Bayi Normal


Thomas Harming Suwarta | Humaniora

Dok. Thinkstock
 Dok. Thinkstock
Pengukuran lingkar kepala bayi penting untuk menentukan perkembangan dan pertumbuhan bayi

LINGKAR kepala bayi adalah pengukuran yang umum digunakan untuk menentukan perkembangan kepala bayi. Pengukuran ini dilakukan dengan mengukur keliling kepala bayi menggunakan pita pengukur yang ditempatkan di sekitar area terlebar kepala bayi.

Pengukuran lingkar kepala bayi penting untuk menentukan perkembangan dan pertumbuhan bayi. Kepala bayi yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran normal dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan atau masalah perkembangan yang perlu diperiksa lebih lanjut.

Normalnya, lingkar kepala bayi berkisar antara 32 hingga 38 sentimeter. Namun, lingkar kepala bayi dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia bayi, jenis kelamin, dan faktor keturunan. Lingkar kepala bayi yang berada di luar rentang normal dapat menandakan adanya masalah kesehatan, seperti masalah pertumbuhan, gangguan perkembangan, atau masalah pada otak.

Baca juga: Ini Alasan Bayi yang Lahir Caesar Harus Segera Diberi ASI

Lingkar Kepala Bayi Baru Lahir

Rata-rata lingkar kepala bayi baru lahir yang cukup bulan adalah sekitar 35 cm. Pertambahan ukuran lingkar kepala bayi normal berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia bayi. Berikut ini adalah ukuran lingkar kepala bayi perempuan normal:

  1. Usia 0–3 bulan: 34–39,5 cm. Jika pada bulan ketiga ukuran lingkar kepala bayi lebih kecil dari 38 cm atau lebih besar dari 41 cm, maka bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan.
  2. Usia 3–6 bulan: 39,5–42 cm. Lingkar kepala bayi usia 6 bulan dapat dikatakan tidak normal jika kurang dari 41 cm atau lebih dari 43,5 cm.
  3. Usia 6–12 bulan: 42–45 cm. Lingkar kepala bayi terbilang tidak normal jika bayi usia 12 bulan memiliki lingkar kepala di bawah 44,5 cm atau lebih dari 46 cm.

Baca juga: Mengenal Kolik pada Bayi dan Cara Mengatasi

Sementara itu, lingkar kepala normal pada bayi laki-laki adalah:

  1. Usia 0– 3 bulan: 34,5–40,5 cm. Lingkar kepala bayi terbilang tidak normal jika bayi usia 3 bulan, ukuran lingkar kepalanya kurang dari 39,5 cm atau lebih dari 42 cm.
  2. Usia 3– 6 bulan: 40,5–43 cm. Jika pada bulan ke-6 lingkar kepalanya masih kurang dari 42 cm atau lebih dari 45 cm, maka bisa jadi bayi menderita masalah kesehatan.
  3. Usia 6–12 tahun: 43–46 cm. Lingkar kepala yang tidak normal saat bayi berusia 12 bulan adalah kurang dari 45 cm atau lebih dari 49,5 cm.

Untuk menjaga kesehatan bayi dan memastikan perkembangan kepala bayi yang normal, penting untuk memberikan perawatan dan nutrisi yang tepat. Pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh dokter atau petugas medis juga sangat penting untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan bayi, termasuk lingkar kepala bayi. (Z-7)

BERITA TERKAIT