17 April 2023, 17:07 WIB

Pasien Covid-19 Varian Arcturus Bertambah Jadi 7 Kasus


Atalya Puspa | Humaniora

Dok. MI
 Dok. MI
Ilustrasi Covid-19

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mencatat adanya penambahan kasus covid-19 varian arcturus menjadi tujuh orang di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril.

"Kasus varian baru ini menjadi 7 orang. Dua orang di awal April 2023, semua sudah sembuh. Dan yang baru ada lima kasus, dua dari Surabaya dan tiga dari Jakarta," kata Syahril di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (17/4).

Ia memastikan bahwa ketujuh orang yang terkonfirmasi positif itu tergolong dalam gejala ringan. Selain itu, meskipun varian arcturus sudah masuk ke Indonesia, Syahril menyatakan bahwa varian itu tidak mengakibatkan lonjakan kasus.

Baca juga : Kasus Covid-19 Cenderung Naik, Kemenkes Sebut Penularan Masih Terkendali

"Varian arcturus ini masih dalam under monitoring belum seperti omikron," imbuh dia.

Karenanya, untuk mencegah meluasnya varian itu, masyarakat yang sedang sakit direkomendasikan untuk memakai masker serta menjauhi orang yang sakit.

Baca juga : PT KAI Wajibkan Pemudik Lengkapi Syarat Vaksin Covid-19

"Kedua, vaksinasi. Upaya melindungi orang tersebut melindungi agar dia bisa tahan dengan virus tersebut atau apabila kena sekalipun dia tidak terlalu berat. Orang tidak punya kekebalan komorbid, kita dengan vaksinas ini kita mempersiapkan diri. Karena kita kan inginnya mudik dengan selamat," pungkas dia. (Z-5)

BERITA TERKAIT